Dark/Light Mode

1.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Jakarta Saat Lebaran

Rabu, 5 Mei 2021 19:11 WIB
Polri gelar apel gabungan pasukan ketupat jaya 2021 di Jakarta Rabu (5/5)
Polri gelar apel gabungan pasukan ketupat jaya 2021 di Jakarta Rabu (5/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 1.500 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota Jakarta dikerahkan untuk Operasi Ketupat Jaya 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Hengki Haryadi  mengatakan merek disiapkan untuk melakukan pengamanan selama 12 hari, yakni mulai 5-16 Mei 2021.

Baca juga : PSSI Tetapkan Rapat Tahunan 2021 Digelar Setelah Lebaran

"Operasi Ketupat tahun ini dilaksanakan dalam rangka penekanan angka persebaran Covid-19. Jangan sampai justru fase di Hari Raya Idul Fitri ini terjadi peningkatan lonjakan kasus Covid-19," kata Hengki usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Jaya 2021 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (5/5).

Hengki menjelaskan berkaca dari Lebaran tahun lalu, kasus Covid-19 khususnya di Jakarta Pusat terjadi peningkatan yang sangat signifikan.

Baca juga : ASTON Priority Simatupang Hadirkan Paket Lebaran

Oleh karena itu, TNI-Polri serta Pemerintah Kota Jakarta Pusat berkomitmen untuk melakukan pengamanan ketat, terutama di masa larangan mudik yang berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

Personel gabungan akan ditempatkan di tujuh pos yang tersebar di wilayah Jakarta Pusat, seperti sentra pelayanan masyarakat dan sentra ekonomi, termasuk Tanah Abang.

Baca juga : Dilarang Mudik, Pelni Siagakan 26 Armada Sambut Lebaran Tahun Ini

Hengki menambahkan, masyarakat yang melanggar penerapan protokol kesehatan, seperti kerumunan dan tidak memakai masker, personel akan melakukan penindakan, namun dengan pendekatan yang humanis.

"Sebagaimana terjadi di Tanah Abang, kita jadikan pelajaran untuk preventif dan kita edukasi ke masyarakat untuk melakukan 3M dan memperkecil kesempatan orang membuat kerumunan," kata Hengki.(MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.