Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Jepang: Indonesia Makin Matang Dalam Berdemokrasi

Jumat, 19 April 2019 12:44 WIB
Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii (Foto: Antara)
Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan Indonesia menyelenggarakan Pemilu 2019 dalam suasana yang aman, tertib, dan damai mendapat apresiasi dari masyarakat dunia.

Betapa tidak. Hajat akbar 5 tahunan yang diikuti lebih dari 190 juta jiwa ini selesai dalam waktu 1 hari, tanpa masalah keamanan dan ketertiban yang berarti. Pujian antara lain datang dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii.

Berita Terkait : Kunjungi Kampung Panda

"Saya menilai Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 17 April lalu, telah berlangsung dengan nyaman dan aman secara umum. Saya meyakini, hal itu menunjukkan Indonesia semakin matang dalam berdemokrasi," ujar Dubes Masafumi kepada Rakyat Merdeka, Jumat (19/4).

Soal hasil Pilpres 2019, Dubes Masafumi enggan berkomentar. Sebab, proses hitung suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih belum selesai.

Berita Terkait : Bangsa Indonesia Matang Dalam Berpolitik Dan Berdemokrasi

"Saya tahu, KPU akan mengumumkan hasil resmi Pemilu 2019 beberapa waktu ke depan. Maka, tidak patut bagi saya untuk memberi komentar terkait hasil Pemilu 2019 sekarang," katanya.

Ia menambahkan, apa pun hasilnya, Indonesia tetaplah "mitra strategis" yang merupakan salah satu negara penting bagi Jepang.

Berita Terkait : Menpora : Jadikan Pemilu Momentum Berdemokrasi dengan Baik

"Karena itu, saya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperkokoh hubungan kerja sama antara kedua negara kita ke depan," tutup Dubes Masafumi. [HES]