Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mayoritas Warga Jepang Pengen Olimpiade Dibatalin

Senin, 10 Mei 2021 13:54 WIB
Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga. [AsiaNews/Agencies]
Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga. [AsiaNews/Agencies]

RM.id  Rakyat Merdeka - Masalah pandemi Covid-19 yang masih belum tuntas membuat hampir 60 persen warga Negeri Sakura berharap Olimpiade Tokyo ditunda. Mereka khawatir, jika Olimpiade dan Paralimpik tetap dilaksanakan, jumlah penularan virus Corona akan naik tajam.

Kenaikan jumlah penularan Covid-19 di Jepang dapat berdampak buruk di negara yang mengalami krisis dalam pertumbuhan populasi ini.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan Yomiuri Shimbun, dikutip Sydney Morning Herald, Senin (10/5), 59 persen responden menyatakan mereka ingin penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo dibatalkan.

Baca juga : Penjagaan Pelabuhan Diperketat

Sementara 39 persen responden menyatakan, penyelenggaraan ajang olahraga akbar sejagat itu harus tetap digelar dengan protokol kesehatan super ketat.

Namun, dari mereka yang menyatakan penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo harus dilanjutkan, sebanyak 23 persen menyatakan penyelenggaraan harus dilakukan tanpa penonton.

Seperti diketahui, penonton asing dilarang datang. Tapi keputusan akhir tentang kehadiran penonton domestik akan ditetapkan pada Juni.

Baca juga : Teroris OPM Bikin Mandeg Pembangunan Di Papua

Tidak diketahui berapa banyak responden yang dilibatkan dalam jajak pendapat Yomiuri Shinbun ini. Jajak pendapat tersebut dilakukan pada 7-9 Mei di seluruh wilayah Negeri Sakura.

Selain Yomiuri Shinbun, SMH juga melakukan jajak pendapat pada akhir pekan lalu. Hasilnya, sebanyak 65 persen responden menginginkan penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo dibatalkan atau ditunda kembali.

Sementara sebanyak 37 persen ingin ajang tersebut dibatalkan sama sekali dan 28 persen menginginkan penundaan. Jajak pendapat serupa pada April yang dilakukan oleh kantor berita Kyodo menemukan 70 persen menginginkan Olimpiade dibatalkan atau ditunda.

Baca juga : Firli Sudah Siap Dicaci Maki

Pejabat tinggi Olimpiade, John Coates mengatakan pada Sabtu (8/5), bahwa sementara sentimen Jepang tentang Olimpiade mengkhawatirkan, dia tidak dapat memperkirakan skenario kelanjutan ajang akbar itu. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pun mengatakan, dia tidak akan mengorbankan rakyatnya demi pelaksanaan olimpiade.

"Prioritas saya adalah warga Jepang, bukan olimpiade," ujar Suga, saat bertemu komite olimpiade di Tokyo, Senin (10/5).

Namun Suga tidak menegaskan apakah dia akan menunda atau membiarkan olimpiade dilanjutkan. "Saya berikan wewenang kepada pihak panitia penyelenggara mengenai teknis pelaksanaan atau pembatalan acara," ujar PM Suga. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.