Dark/Light Mode

Amerika Beri Izin Vaksin Pfizer Bagi Usia 12 Sampai 15 Tahun

Selasa, 11 Mei 2021 20:25 WIB
Alejandra Gerardo (9) mendapat vaksin dosis kedua vaksin Covid-19 merek Pfizer dalam uji klinis di Duke Health, Durham, North Carolina, Amerika Serikat, 12 April 2021.(Foto Reuters/Hawn Rocco/Duke Health)
Alejandra Gerardo (9) mendapat vaksin dosis kedua vaksin Covid-19 merek Pfizer dalam uji klinis di Duke Health, Durham, North Carolina, Amerika Serikat, 12 April 2021.(Foto Reuters/Hawn Rocco/Duke Health)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan otoritas di Amerika Serikat telah mengizinkan pemakaian vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech bagi remaja berusia mulai 12 tahun. Presiden AS Joe Biden meminta agar vaksin tersebut segera diedarkan.

Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) AS mengatakan, pihaknya sedang mengurus izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Pfizer yang diharapkan dapat memvaksinasi jutaan anak berusia 12 sampai 15 tahun.

Pfizer akan menjadi vaksin pertama di AS yang diperuntukkan bagi kelompok usia tersebut. Kebijakan ini jadi langkah penting bila ingin kembali membuka sekolah seperti sedia kala.

Berita Terkait : Juni, Pemerintah Targetkan Vaksinasi Covid Capai 1 Juta

"Harapan saya jika vaksin ini sudah memiliki izin, orangtua dapat memanfaatkannya dan membawa anaknya untuk divaksinasi," ujar Presiden Biden.

"Pemberian izin pemakaian ini akan melindungi populasi muda dari Covid-19, dan membawa kita lebih dekat pada rasa normal serta membantu mengakhiri pandemi," kata Wakil Komisaris FDA Janet Woodcock.

"Orangtua dan wali perlu percaya bahwa kami mengamati data yang tersedia dengan teliti dan cermat, seperti yang juga kami lakukan ketika mengurus izin pemakaian darurat vaksin Covid-19," kata Dr Jane.

Berita Terkait : Stok Vaksin Covid Sudah Capai 75,9 Juta Dosis

Kebanyakan anak yang terpapar Covid-19 hanya mengalami gejala ringan atau tidak bergejala sama sekali. Namun, bukan berarti tidak ada risiko sakit parah. Selain itu, mereka juga masih bisa menyebarkan virus.

Dilansir abc.net.au, Maret lalu, Pfizer-BioNTech mengeluarkan hasil uji klinis vaksin Pfizer pada kelompok yang lebih muda. Dalam uji coba tersebut, terdapat 2.260 remaja dan 18 kasus Covid-19 di dalam kelompok yang mendapat plasebo, dan nol kasus pada penerima vaksin. Menurut badan tersebut, hasil uji coba ini menunjukkan tingkat kemanjuran 100 persen dalam mencegah penyakit tersebut.

 Pfizer memperkirakan data keamanan dan kemanjuran vaksin bagi anak berusia di antara 2 dan 11 tahun akan dikeluarkan September mendatang.

Berita Terkait : Wanita Melahirkan Di Ketinggian 30 Ribu Kaki

AS sedang berada pada tahap akhir program vaksinasi. Di sana, warga berusia di atas 16 tahun sudah diperbolehkan menerima vaksin.

Pemerintahan Biden telah menargetkan agar 70 persen populasinya paling tidak sudah menerima dosin pertama vaksin pada 4 Juli. Lebih dari 150 juta orang di AS, atau sekitar 46 persen populasinya, sudah menerima paling tidak dosis pertama vaksin Covid-19.[MEL]