Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lebaran Di Tengah Lockdown, Presiden Turki Ucapkan Selamat Idul Fitri

Kamis, 13 Mei 2021 23:41 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto MiddleEastOnline)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto MiddleEastOnline)

RM.id  Rakyat Merdeka - Turki merayakan Idul Fitri di tengah karantina nasional (lockdown) guna memutus rantai penularan Covid-19. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berharap untuk liburan selanjutnya, situasi akan lebih baik lagi daripada sekarang.

Negara berpenduduk 82 juta itu sampai saat ini cukup berhasil menghindari karantina penuh. Tetapi kasus Covid-19 harian pada April lalu melonjak ke level tertinggi di Eropa. Pemerintah mewajibkan semua bisnis tutup kecuali diberikan izin Kementerian Dalam Negeri. Otoritas juga melarang perjalanan antarkota tanpa izin, dan memerintahkan semua sekolah digelar secara daring. Supermarket bisa tetap buka kecuali hari Minggu.

Baca juga : Istimewanya Lebaran di Ukraina, Dubes Yuddy Safari Idul Fitri

Menurut data Universitas Johns Hopkins, 12 Mei lalu, Turki melaporkan lebih dari 5 juta kasus Covid-19, dan lebih dari 43.000 kasus kematian sejak pandemi dimulai. Tingkat kematian yang relatif rendah sebesar 0,8% yang menurut para pejabat disebabkan sistem perawatan kesehatan negara yang kuat.

"Saya secara tulus mengucapkan selamat kepada Anda dan keluarga Anda pada hari libur ini. Saya berdoa Allah memberikan kita liburan berikutnya dengan penuh kesehatan, kesejahteraan, dan kedamaian," kata Erdogan, Kamis (13/5/2021) di Telegram, dilansir Kantor Berita Anadolu.

Baca juga : Lebaran Di Rumah, Anies Tidak Adakan Open House

Wakil Presiden Turki, Fuat Oktay, juga mengucapkan selamat kepada umat Islam pada Idul Fitri, melalui cuitan Twitter. “Saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada bangsa kita dan seluruh dunia Islam, terutama saudara-saudara Palestina pada Idul Fitri. Saya mohon kepada Allah bahwa hari-hari yang diberkahi ini akan membawa kebaikan bagi negara kita, bangsa kita dan seluruh umat manusia,” kata Oktay.

Fahrettin Altun, direktur komunikasi pemerintah, juga mengirimkan tweet. "Saya mengucapkan selamat kepada bangsa kita dan seluruh dunia Islam pada Idul Fitri, dan berharap hari-hari yang diberkahi ini akan mengarah pada perdamaian di Yerusalem, keselamatan saudara-saudari kita yang menderita di Palestina dan di seluruh dunia, dan berharap persatuan dan solidaritas dunia Islam," kata dia.

Baca juga : Innalillahi, Ustaz Di Kabupaten Agam Wafat Saat Khotbah Idul Fitri

Secara tradisional, Idul Fitri ditandai dengan pertemuan keluarga besar dan doa bersama. Namun tahun ini, sama seperti tahun 2020, banyak dari warga yang hanya bisa merayakannya di rumah dengan keluarga dekat akibat adanya lockdown tiga pekan di Turki, sejak, 29 April 2021. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.