Dark/Light Mode

Lebaran Tinggal Menghitung Hari

Emak-Emak Stres Harga Daging Dan Sembako Naik

Senin, 10 Mei 2021 06:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) memberikan salam jempol kepada sejumlah pedagang dan pengunjung Pasar Cengkareng, Jakarta, Minggu (9/5/2021). Kunjungan tersebut untuk memantau harga pangan dan pelaksanaan protokol kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) memberikan salam jempol kepada sejumlah pedagang dan pengunjung Pasar Cengkareng, Jakarta, Minggu (9/5/2021). Kunjungan tersebut untuk memantau harga pangan dan pelaksanaan protokol kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Harga daging dan bahan pangan melonjak menjelang Lebaran. Berdasarkan Pusat Informasi Harga Strategis Pangan Nasional, harga rata-rata daging sapi di Jakarta saat ini mencapai Rp 146.650 per kilogram (kg). Harga bahan pangan pun naik hingga Rp 5 ribu per kilogram.

Angka itu jauh di atas ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2020 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen, yang berkisar Rp 80 ribu-Rp 105 ribu. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran akan terus naiknya harga ke depan.

Nana, salah satu penjual daging sapi di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, mengaku, saat ini harga daging sapi sudah tembus Rp 140 ribu per kilogram. Harga itu naik dari normalnya, yakni Rp 110 ribu per kilogram.

Baca juga : Khofifah: Emak-emak Tenang Ya, Harga Bahan Pokok Stabil

“Harga daging sapi naiknya drastis banget. Tahun ini yang termahal. Tahun lalu saat Lebaran juga itu naik, paling Rp 130 ribu per kilogram,” kata Nana, Sabtu (8/5).

Dani, penjual daging sapi, mengaku kerap mendapat protes dari para konsumen perihal kenaikan harga. Kendati demikian, penjualan daging sapi jelang Lebaran juga turut meningkat drastis.

“Diprotes sama konsumen, udah pasti. Tetapi penjualan meningkat, alhamdulillah. Konsumen tetap beli saja,” ujar Dani.

Baca juga : Nikmati Libur Lebaran di Hotel Dengan Harga Spesial dan Pemandangan Pantai

Aan, pembeli daging sapi mengaku kecewa dengan kenaikan harga tersebut. Pasalnya, kebutuhan pokok jelang Lebaran juga meningkat.

“Stres tahu nggak, harga naik semua. Harapannya harga daging sapi bisa stabil, jangan kemahalan begini,” keluh Aan.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, berbagai harga bahan pangan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, mulai merangkak naik menjelang Idul Fitri tahun ini.

Baca juga : Curi Start Mudik Sudah Terjadi Di Mana-mana

“Kenaikan tertinggi pada daging sapi yang saat ini mencapai Rp 150.000 per kilogram. Sebelumnya, harga daging sapi di Pasar Induk Kramat Jati masih dijual Rp 120.000 per kilogram,” ungkap Mansuri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.