Dark/Light Mode

Ribuan Warga Sydney Dan Melbourne Demo Anti Israel

Sabtu, 15 Mei 2021 20:54 WIB
Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina selama demonstrasi menentang Israel di Balai Kota di Sydney, Sabtu (15/5/2021), di tengah konflik Israel dan Palestina. [Foto: AFP]
Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina selama demonstrasi menentang Israel di Balai Kota di Sydney, Sabtu (15/5/2021), di tengah konflik Israel dan Palestina. [Foto: AFP]

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan warga Sydney dan ratusan lainnya di Melbourne pada Sabtu (15/5/2021) menggelar aksi protes terhadap serangan Israel di jalur Gaza di saat konflik yang terjadi antara kedua pihak.

Di Sydney, para pemrotes berkumpul di Balai Kota untuk bergerak di jalan-jalan kota, meneriakkan slogan-slogan seperti "Palestina merdeka!" dan "Bebaskan, bebaskan Gaza".

Baca juga : Rudal Hamas Tembus Pangkalan Militer Dan Pabrik Kimia Israel

Pesawat-pesawat Israel meluncurkan serangan udara di Gaza pada Sabtu dan para militan Hamas di Gaza merespon dengan menembakkan roket ke Israel, saat pertikaian keduanya memasuki malam ke-lima.

"Saya melihat adanya pemberontakan. Saya melihat bahwa orang-orang tak akan lagi tinggal diam. Orang-orang sudah muak, orang-orang yang merespon terhadap penindasan dan kekerasan berdiri untuk dirinya sendiri," kata salah seorang pemrotes di Sydney, Walla Abu-Eid, kutip Reuters.

Baca juga : AS Pulangkan Warga Dan Militernya Dari Israel

Di Melbourne, para pemrotes berkumpul di Perpustakaan Negara Bagian Victoria dan bergerak menuju gedung parlemen. Banyak dari mereka membawa poster bertuliskan "Bebaskan Palestina".

Menurut para pejabat Kesehatan Palestina, setidaknya 132 orang telah tewas di Gaza sejak Senin (10/5/2021), termasuk 32 anak-anak dan 21 perempuan.

Baca juga : Lebaran di Rutan, Edhy Prabowo Santap Ikan Teri dan Tenggiri Bareng Anak Istri

Sementara menurut otoritas Israel menyatakan, 8 warganya tewas, termasuk enam warga sipil, 2 di antaranya anak-anak. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.