Dark/Light Mode

Warga China Diizinkan Masuk

Pemudik Dongkol

Jumat, 7 Mei 2021 07:40 WIB
Tangkapan layar kolase video warga negara China di Bandara Soekarno-Hatta. [Foto: Instagram]
Tangkapan layar kolase video warga negara China di Bandara Soekarno-Hatta. [Foto: Instagram]

RM.id  Rakyat Merdeka - Disaat pemerintah melarang warga mudik Lebaran buat cegah penyebaran Corona, eh 85 warga negara China malah diizinkan masuk ke Indonesia. Melihat warga dari negeri komunis itu melenggang kangkung, para pemudik jadi dongkol.

Kedatangan warga China ke Indonesia itu terungkap dari sebuah video yang viral di media sosial, Selasa (4/5) sore. Dalam video itu, segerombolan orang China berjalan keluar dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, menuju tempat pemberhentian bus.

Rombongan yang semuanya laki-laki itu, rata-rata berpenampilan santai. Celana jeans dengan kaus oblong. Sebagian memakai masker, sebagian lagi polosan. Namun, rata-rata menggendong tas besar sambil menyeret-nyeret koper berukuran besar.

Baca juga : Biar Kapok, Cabut Izin Perusahaan Penimbun Gula

Setelah berkumpul, sebuah bus besar berhenti untuk mengangkut mereka lalu buru-buru pergi. “Bagaimana ini,” kata si perekam video.

Dengan cepat, video tersebut viral di media sosial. Sejumlah akun ikut menyebar video tersebut, antara lain akun @__kingfatiraja. “ Warga (rombongan) China mulai berdatangan kembali di Terminal 3 Bandara Sukarno-Hata. Sementara pribumi sebagai anak bangsa dilarang mudik dengan alasan Covid-19. Wis bablas kabeh,” kicaunya, memberi keterangan.

Sampai tadi malam, video itu sudah ditonton sebanyak 85 ribu kali hingga menuai beragam komentar dari netizen. Macam-macam komentarnya. Sebagian besar meluapkan kekecewaan karena pemerintah dianggap tidak tegas dalam menangani pandemi.

Baca juga : Wagub DKI Was was Mutasi Corona Dari India Masuk Ke Jakarta

Sebagian bertanya kenapa orang dari China tempat virus Corona berasal, masih dibiarkan masuk. “Apa sebenarnya maksudnya ini,” kata @presidenkopi. “Benar-benar menguji kesabaran warga,” tulis @jonpari. “Rakyat saja dilarang mudik. China dateng terus. Kacau,” kicau @fathulahfathu2.

@Iskandar_Fauzi mengaku heran, pemerintah tidak pernah berani melarang warga China masuk Indonesia. sedangkan untuk rakyat sendiri untuk mudik saja pun di larang, belum lagi larangan yang lain-lain. “Kemanakah akal sehat kalian pergi????,” tanyanya.

Akun @AsgardBram mengatakan, warga China mah bebas masuk Indonesia. “Nanti kalau dilarang-larang warganya masuk ke Indonesia, kita suruh kembalikan pinjamannya pulak... kan brabe Bang??” bebernya.

Baca juga : Netizen Ngomel-ngomel

Wakil Ketua Komite II, Hasan Basri menyayangkan bebasnya warga China masuk Indonesia. Apalagi ancaman Corona masih tinggi. “Seharusnya jika di dalam negeri saja dibatasi maka WNAyang masuk ke Indonesia dibatasi sesuai dengan SE Dirjen Imigrasi Kemenkumham. Oleh karenanya, saya meminta agar kejadian tersebut tidak terulang kembali,” kata Hasan Basri.

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membenarkan soal kedatangan warga China itu. Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengatakan, sebanyak 85 warga negara China dan 3 orang WNI tiba di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Selasa (4/5) lalu. Mereka datang dengan pesawat carteran Southern Airlines, dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.