Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tuding PBB Kebangetan Lelet

Turki: Stop Serangan Israel, Lindungi Warga Palestina!

Senin, 17 Mei 2021 23:43 WIB
Duta Besar Turki untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Feridun Sinirlioglu. [Foto: Jangan Emmert / AFP]
Duta Besar Turki untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Feridun Sinirlioglu. [Foto: Jangan Emmert / AFP]

RM.id  Rakyat Merdeka - Turki menggambarkan kegagalan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk mengadopsi pernyataan setelah memperdebatkan masalah Israel-Palestina pada pertemuan Minggu (16/5) "tidak dapat diterima".

"Kegagalan mengadopsi, bahkan pernyataan pers tentang masalah yang telah menjadi agenda Dewan sejak awal dibentuk, sama sekali tidak dapat diterima," kata Duta Besar Turki untuk PBB, Feridun Sinirlioglu, dalam pernyataan tertulis yang dikirim ke Debat Terbuka DK PBB tentang konflik Israel-Palestina, dikutip Anadolu.

Sinirlioglu mengutuk keras agresi Israel, termasuk serangan udara, terhadap warga Palestina dan menyampaikan belasungkawa kepada bangsa Palestina atas hilangnya nyawa, termasuk bayi dan anak-anak.

Baca juga : Israel Mulai Serang Gaza Via Darat dan Udara

Dia juga mengecam serangan Israel terhadap sekolah Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Gaza. Serangan terhadap sekolah, tegas Sinirlioglu, merupakan kejahatan perang.

“Sejak dimulainya agresi Israel, lebih dari 40 anak telah meninggal dunia di Gaza. Jika ruang kelas yang penuh anak-anak diledakkan di tempat lain, berapa hari yang dibutuhkan Dewan ini untuk mengadakan pertemuan publik? ” dia bertanya, mengkritik pertemuan terlambat yang terjadi 10 hari setelah dimulainya serangan Israel.

"Apa yang bisa membenarkan kelambanan Dewan saat ini dalam menghadapi pembantaian manusia yang disiarkan langsung di televisi?" kata Sinirlioglu.

Baca juga : Perketat Jalur Masuk Ibu Kota, DPRD DKI: Lindungi Warga Yang Tak Mudik

Dia mencatat, tetap diam dalam menghadapi serangan sembarangan Israel terhadap Palestina hanya berfungsi mendorong Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, "mendorong penjajah meluncurkan operasi militer terbesarnya yang menargetkan Gaza sejak 2014".

Utusan Turki itu meminta DK PBB untuk segera menghentikan serangan Israel terhadap Palestina. "Dewan juga harus memaksa Israel segera mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza untuk ribuan pengungsi Palestina," kata Sinirlioglu.

Dia menambahkan, DK PBB tidak bisa lagi lepas dari tanggung jawabnya terhadap rakyat Palestina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.