Dark/Light Mode

Masih Ngomongin Israel-Palestina

Hendropriyono Tak Sekeren Bu Retno

Sabtu, 22 Mei 2021 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bincang-bincang dengan Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi di sela-sela Sidang Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membahas nasib Palestina, di New York, Amerika Serikat, Kamis (20/5). (Foto: Twitter @Menlu_RI)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bincang-bincang dengan Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi di sela-sela Sidang Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membahas nasib Palestina, di New York, Amerika Serikat, Kamis (20/5). (Foto: Twitter @Menlu_RI)

 Sebelumnya 
Dalam pidatonya, Retno mendesak PBB mengambil langkah konkret atas tindakan Israel terhadap Palestina. Ada tiga poin masukan yang disampaikan Retno sebelum Israel dan Palestina melakukan gencatan senjata. 

Pertama, mendorong dihentikannya kekerasan dan aksi militer untuk mencegah lebih banyak korban. Retno juga menekankan untuk mencegah terulangnya keberutalan Israel di kemudian hari dengan kehadiran internasional (international presence) di Al-Quds.

Baca juga : Hendropriyono Digoyang Kiri-Kanan

Kedua, memastikan akses bantuan kemanusiaan dan perlindungan warga sipil. Karena itu, PBB harus mendesak Israel membuka dan membolehkan akses pengiriman bantuan kemanusiaan, termasuk di Gaza yang telah dikepung selama lebih dari 13 tahun.  

Ketiga, mendorong dilangsungkannya negosiasi multilateral yang kredibel berdasarkan parameter-parameter yang disepakati secara internasional untuk mencapai solusi antar kedua negara. Sidang Majelis Umum PBB memiliki kewajiban moral dan politis untuk memastikan terjadinya negosiasi perdamaian tersebut.

Baca juga : Biden Sama Edannya

“Kita harus menghentikan upaya sistemik kekuatan penjajah (Israel) yang bisa jadi tidak akan menyisakan apa pun untuk dinegosiasikan. Jangan sampai rakyat Palestina tidak lagi punya pilihan selain menerima ketidakadilan sepanjang hidup mereka,” ujar Retno.

Retno juga menyatakan, segala bentuk ketidakadilan harus segera diakhiri. Dunia harus terus memberikan dukungan bagi kemerdekaan Palestina dan melawan ketidakadilan. Sebagai penutup, Retno menyerukan agar seluruh dunia bersatu memperjuangkan keadilan bagi Palestina dan diakhirinya pendudukan ilegal oleh Israel. 

Baca juga : Lawan Israel, Ini Permintaan Palestina Ke Indonesia

Potongan video pidato Retno di PBB tersebar di Twitter. Warganet pun ramai memberikan acungan jempol. "Cakep Bu Menteri," seru @garengHallu. Akun @daengLalo pun mengangkat topi dengan pernyataan Bu Menteri. "Pidato Menlu Retno di forum PBB sangat jelas, tegas dan bertenaga," pujinya. "Bravo Bu Menlu. Terima kasih Pak Jokowi," timpal @burhan8099. "Bangga dan hormat untuk Bu Retno," sambar @yous_sevgilim21. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.