Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Junta Perintahkan Dokter Internasional Stop Beroperasi, Myanmar Terancam Penularan TBC Dan HIV

Kamis, 10 Juni 2021 18:11 WIB
Dokter Lintas Batas memberikan pelayanan kepada warga Mynmar.(Foto Irrawadi.com)
Dokter Lintas Batas memberikan pelayanan kepada warga Mynmar.(Foto Irrawadi.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Junta militer memerintahkan relawan dokter internasional dari Dokter Lintas Batas atau Doctors Without Borders (Médecins Sans Frontières/MSF) untuk menghentikan aktivitas mereka di selatan Myanmar

Berdasarkan keterangan MSF, pihaknya menjalankan program penanganan HIV di Dawei selama lebih dari dua dekade terakhir. Mereka menyayangkan keputusan junta ini. Perintah itu dikeluarkan via surat Rabu (9/6/2021).

Baca juga : Pemerintah Putuskan Diskon Tarif Listrik Berakhir Bulan Ini

"Menangguhkan kegiatan MSF dapat mengancam jiwa banyak pasien kami pada saat layanan publik sangat terganggu," bunyi pernyataan MSF dikutip AFP, Rabu (9/6).

Hampir semua rumah sakit umum masih ditutup pasca kudeta Februari lalu. Kebanyakan dokter dan petugas medis Myanmar memilih ikut demo anti kudeta. Alhasil, layanan kesehatan di seluruh negeri lumpuh. 

Baca juga : Erick: Kasian Sudah Kerja Puluhan Tahun, Uangnya Hilang

MSFmenambahkan, mereka telah menghubungi pihak berwenang karena keputusan tersebut akan berdampak pada 2.162 orang yang hidup dengan HIV dan menerima pengobatan antiretroviral di kota tersebut. MSF juga memperingatkan bahaya penularan TBC. Mereka mengambil alih tugas dokter Myanmar dalam program TBC nasional setelah kudeta lalu.

Para dokter yang tergabung dalam misi MSF di Myanmar pun mendesak junta militer untuk mencabut keputusan tersebut. Palang Merah Internasional mengatakan pihaknya segera meningkatkan tenaga medis untuk untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan 236.000 orang di Myanmar, yang sudah terhuyung-huyung dari pandemi COVID-19 di tengah pengaruh kudeta. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.