Dark/Light Mode

Pacific Exposition II, Upaya Gerakkan Ekonomi Indonesia Timur Pasca Pandemi

Rabu, 23 Juni 2021 13:15 WIB
Dubes RI untuk Selandia Baru (Foto dok RM.id)
Dubes RI untuk Selandia Baru (Foto dok RM.id)

 Sebelumnya 
"Indonesia akan memperoleh manfaat nyata dari pelaksanaan Pacific Exposition karena arus barang dan orang antara Indonesia Timur dengan wilayah tetangga Pasifik terus meningkat," imbuh Dubes yang merangkap tugas Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook dan Niue serta Duta Besar Keliling untuk Kawasan Pasifik.

Pada PE2, enam Provinsi Timur Indonesia akan berpartisipasi aktif. Yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur. Pameran itu tentunya akan diikuti 19 negara Pasifik lain untuk melakukan promosi pariwisata dan perdagangan.

Baca juga : Kolaborasi Tupperware dan HokBen Ajak Konsumen Indonesia Kurangi Kemasan Sekali Pakai

Keenam provinsi tersebut secara geografis terletak di kawasan Pasifik. Di samping itu, kelompok etnis di Provinsi tersebut termasuk dalam kelompok ras Polinesia dan Melanesia, sebagaimana halnya penduduk di kawasan Pasifik.

Menurut Tantowi, kawasan Indonesia Timur dapat memanfaatman negara Pasifik yang merupakan tetangga dekatnya dan memiliki pasar cukup besar, dengan Produk domestik bruto (PDB) total sebesar 1,4 triliun dolar AS.

Baca juga : Tantangan dan Solusi Industri Musik Indonesia dimasa Pandemi

"Dengan adanya kedekatan faktor geografis dan budaya, maka ke depannya perlu dimanfaatkan untuk mendorong Kawasan Timur Indonesia agar lebih aktif melakukan interaksi di bidang ekonomi dengan negara Pasifik," terangnya.

Tantowi optimistis PE2 akan sesukses yang pertama, bahkan lebih. Sebelumnya, PE1 berhasil mendatangkan lebih dari 5.000 pengunjung dan mencetak transaksi bisnis sebanyak lebih dari Rp 1,04 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.