Dark/Light Mode

Pilpres Filipina Memanas

Duterte ``Tinju`` Pacman

Rabu, 30 Juni 2021 05:21 WIB
Emmanuel Pacquiao (Kiri) dan Rodrigo Duterte (Kanan) (Foto : Istimewa).
Emmanuel Pacquiao (Kiri) dan Rodrigo Duterte (Kanan) (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu Filipina akan digelar 9 Mei tahun depan. Aroma persaingan sudah menjadi sajian utama Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Karena tidak bisa nyapres lagi, ia pun mengondisikan orang kepercayaannya dapat berkuasa.

Saat ini, Emmanuel ‘Manny’ Pacman alias Pacman sang petinju, yang dikenal sebagai pendukung Duterte ingin mencalonkan diri menggantikannya. Namun, Putri Duterte juga disebut-sebut akan akan mencalonkan diri.

Baca juga : Mantan Presiden Filipina Benigno Aquino III Tutup Usia

Pacman sekarang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum partai bentukan Benigno Aquino Jr dan Aquilino Pimentel Kr, Partai Demokrasi Filipina (PDP-LABAN), partai yang sama dengan Duterte. Sebelum Pacman menjabat, Duterte sem­pat mengisi posisi itu pada 2016.

Pacman, sejatinya, adalah pen­dukung setia Duterte. Ia sangat mendukung Duterte memerangi bisnis narkotika di Filipina. Juga upayanya menghidupkan kem­bali hukuman mati. Walau begitu, hubungannya dengan Duterte memburuk sejak ia digadang-gadang bakal menjadi calon Presiden Filipina dari PDP Laban.

Baca juga : Pacman Pasang Kuda-kuda Siap Jegal Loyalis Duterte

Kemarin, Duterte menantang Manny untuk menyebutkan nama pejabat-pejabat pemerintah yang ia tuduh korup. Hal itu, kata Duterte, untuk mengetahui, apakah Manny hanya gimmick untuk mengumpulkan suara pemilih.

Pasalnya, Manny, petinju yang terjun ke dunia politik itu berjanji bakal menyingkirkan pejabat korup jika dia menang Pemilu tahun depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.