Dark/Light Mode

Pilpres Filipina Memanas

Duterte ``Tinju`` Pacman

Rabu, 30 Juni 2021 05:21 WIB
Emmanuel Pacquiao (Kiri) dan Rodrigo Duterte (Kanan) (Foto : Istimewa).
Emmanuel Pacquiao (Kiri) dan Rodrigo Duterte (Kanan) (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Pernyataan itu adalah babak terbaru dalam “perang komentar” antara Duterte dan Manny. Jika Manny tidak mau terbuka atau tidak memiliki bukti cukup atas tudu­hannya, Duterte mengatakan akan mencapnya sebagai pembohong.

“Saya tidak mengatakan tidak ada korupsi. Jika ada, segera ungkap. Jika tidak, saya akan menyebut anda pembohong. Saya kenal anda sejak dulu,” ujar Duterte kepada Pacman, ketika mengikuti siaran langsung di televisi, dikutip dari Reuters, Senin (28/6).

Baca juga : Mantan Presiden Filipina Benigno Aquino III Tutup Usia

Karena menurut Duterte, jika Pacman tidak mengungkapkan korupsi, dia hanya bermain politik. Duterte pun berjanji mengambil tindakan terhadap pejabat yang bersalah.

Tidak jelas siapa pejabat yang dituding Manny. Karena sang petinju belum berbicara secara terbuka tentang tuduhan korupsi tingkat tinggi itu dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga : Pacman Pasang Kuda-kuda Siap Jegal Loyalis Duterte

Duterte beberapa kali mengkritik atau menghina Manny, terutama soal pengetahuan poli­tik luar negerinya. Menurutnya, Pacman tidak pintar dan pengetahuan politik luar negerinya dangkal. Hal itu Duterte sampai­kan usai Manny mengkritiknya soal posisi Filipina dalam kisruh Laut Cina Selatan dengan China.

Sementara di kalangan pe­milih, Duterte masih dipandang sebagai figur populer. Beberapa simpatisannya menyarankannya untuk tetap di pemerintahan sebagai Wakil Presiden Filipina. Walau begitu, dia belum menun­jukkan niat itu. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.