Dark/Light Mode

Rayakan Ultah Mendiang Ibundanya Ke-60

Pangeran William Dan Pangeran Harry Resmikan Patung Putri Diana

Jumat, 2 Juli 2021 10:20 WIB
Pangeran William dan Pangeran Harry meresmikan patung Putri Diana di Istana Kensington pada Kamis (1/7). (Foto: Istimewa)
Pangeran William dan Pangeran Harry meresmikan patung Putri Diana di Istana Kensington pada Kamis (1/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pangeran William dan Pangeran Harry baru saja meresmikan patung Putri Diana di Istana Kensington pada Kamis (1/7). Ini adalah penampilan perdana kedua kakak beradik di hadapan publik sejak pemakaman Pangeran Philip pada April lalu.

"Hari ini harusnya menjadi ulang tahun ibu kami yang ke-60, kami mengingat cinta, kekuatan, dan karakternya, kualitas yang membuatnya menjadi kekuatan kebaikan di seluruh dunia, mengubah hidup banyak orang menjadi lebih baik," ujar kedua cucu Ratu Elizabeth II dalam pernyataan bersama dikutip People, Jumat (2/7).

"Setiap hari kami berharap ibu masih bersama kami, dan kami berharap patung ini bisa menjadi simbol atas hidup dan warisannya selamanya," lanjut mereka.

Patung Putri Diana, yang sedang merangkul tiga bocah itu, terletak di tempat favorit sang putri, yaitu Taman Sunken. Istana Kensington sendiri merupakan tempat tinggal Diana selama 16 tahun setelah menikah dengan Pangeran Charles.

Baca juga : Jakarta Genting, Kapolda Dan Pangdam Jaya Rapat Di Kantor Anies

Untuk acara peresmian ini, William dan Harry juga merenovasi Taman Sunken. Mereka memenuhi taman favorit ibunya ini dengan lebih dari 4 ribu bunga. Di antaranya ada 200 bunga mawar, 100 bunga favorit Putri Diana, forget-me-nots, dan 300 bunga tulip dengan tiga varian warna. Selain itu ada juga 500 bunga lavender, 50 tanaman sweet peas, dan 100 bunga dahlia.

Patung Putri Diana menggambarkan komitmennya semasa hidupnya. Dia tampak mengenakan gaun berkerah dengan tambahan belt besar di pinggang.

Menurut Istana Kensington, gaya busana ini mengambil referensi dari masa-masa terakhir dalam hidup sang putri. Patung ini juga punya makna yang begitu mendalam karena menggambarkan kegiatan Princess of Wales semasa hidupnya.

Sudah banyak diketahui, Putri Diana mendedikasikan gelarnya sebagai putri kerajaan untuk mendukung anak-anak di seluruh dunia. Menurut Sky News, pihak Istana Kensington menyatakan, kehadiran tiga anak kecil di sekeliling Putri Diana itu menggambarkan kehangatan, keanggunan, dan energi dari sang putri.

Baca juga : Hasto: Capres Tak Boleh Punya Spirit Individualisme

Patung ini juga merepresentasikan dampak kebaikan Diana yang beragam dan tetap hidup hingga kini. Di bagian bawah patungnya terdapat ukiran nama Diana 'Diana the Princess of Wales' dan tanggal peresmian.

Selain itu, ada juga batu yang diukir dengan kutipan dari puisi The Measure of A Man. Sebenarnya, rencana peresmian patung ini sudah diumumkan sejak Februari 2017 saat memperingati 20 tahun meninggalnya sang putri.

Patung tersebut didesain oleh Ian Rank-Broadley yang juga memotret foto Ratu Elizabeth II dan kini hasilnya dipakai untuk semua uang koin di Inggris.

Selain Pangeran William dan Harry, acara peresmian patung Putri Diana ini juga dihadiri oleh keluarga sang putri. Mereka adalah Earl Spencer, Charles, Lady Sarah McCorquodale dan Jane Fellowes. Tak hanya itu, hadir juga Ian-Rank Broadley si perancang patung dan Pip Morrison perancang taman.

Baca juga : Patung Lilin Pangeran Harry Dan Meghan Markle Dipindah Ke Area Hollywood 

Dalam pernyataan bersama, William dan Harry tak lupa juga berterima kasih pada mereka.

"Terima kasih banyak pada Ian-Rank Broadley, Pip Morrison dan tim atas hasil yang luar biasa, pada teman dan para donatur yang membantu mewujudkan patung ini, dan pada semua orang di seluruh dunia yang sudah menjaga kenangan ibu kami tetap hidup," ungkap William dan Harry seperti dikutip dari Sky News. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.