Dark/Light Mode

Bosnia-Herzegovina Sudah Lepas Masker

Disiplin Dan Persatuan Kunci Melawan Corona

Kamis, 8 Juli 2021 07:30 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina, Roem Kono. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina, Roem Kono. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Warganya juga menerima bantuan sosial (bansos). Khususnya untuk pekerja yang mengalami kehilangan penghasilan atau pemutusan hubungan kerja (PHK). “Jadi, sistemnya di sini sudah bagus,” sambung politisi Golkar itu.

Bagusnya, sistem penanganan Corona di negara dengan penduduk mayoritas Islam itu, tidak terlepas dari solidnya para pemimpin politik mereka. Baik dari kalangan oposisi maupun koalisi. Meskipun diketahui, negara ini dikenal punya sistem politik yang rumit. Karena dipimpin oleh 3 presiden.

“Memang pemerintahannya di sini sangat rumit. Tapi arah untuk menjatuhkan pemerintah itu tidak ada. Semuanya fokus memikirkan bagaimana caranya bisa mengatasi Corona. Jadi betul-betul mereka dalam koridor menyatukan pendapat untuk menangani Corona,” cerita politisi partai Beringin ini.

Baca juga : Balai Yos Sudarso Bakal Disulap Jadi Tempat Isolasi Darurat Di Jakarta Utara

Solidnya elit politik dan pemerintahan di negara ini, sebut Roem Kono, secara otomatis diikuti oleh rakyatnya. Kondisi ini lah yang menjadi kunci sukses penanganan Corona di Bosnia dan Herzegovina.

“Suara dari DPR, oposisi dan segala macam itu, langsung tujuannya untuk melindungi masyarakat. Bukan untuk menghancurkan negaranya. Semua patuh dan disiplin,” imbuhnya. “Tiga presiden di sini semua satu suara,” sambung dia.

Meskipun lonjakan penularan Corona berhasil diatasi, Roem Kono mengakui, belum semua masyarakat di negara tersebut divaksin. Vaksin yang ada juga merupakan bantuan dari negara lain.

Baca juga : Kemenkes: Papasan Nggak Pakai Masker, Bisa Ketularan Corona

Ia juga mengaku sempat dipanggil Menteri Luar Negeri dan sejumlah pejabat di negara tersebut untuk meminta bantuan Indonesia mendapatkan vaksin.

Usai menceritakan kisah sukses Bosnia-Herzegovina menangani Corona, Roem Kono juga yakin, pemerintah Indonesia di bawah komando Presiden Jokowi, akan mampu melewati ujian ini.

“Kuncinya ya itu tadi, kita semua harus bersatu dan disiplin, insya Allah, badai Covid-19 di Indonesia akan dituntaskan dengan baik,” katanya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.