Dark/Light Mode

Vaksin Moderna Telah TIba

AS Gelontorkan 36 Juta Dolar, Dukung RI Taklukkan Covid-19

Minggu, 11 Juli 2021 20:09 WIB
Vaksin Moderna Telah TIba AS Gelontorkan 36 Juta Dolar, Dukung RI Taklukkan Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia (Dubes AS untuk Indonesia) Sung Yong Kim mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kedatangan 3.000.060 vaksin Covid-19 Moderna di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu, 11 Juli 2021.

Ini adalah pengiriman tahap pertama vaksin bantuan dari Pemerintah AS. Selanjutnya, Negeri Paman Sam itu akan memberikan satu juta dosis tambahan lagi. Hingga hari ini, AS telah menggelontorkan hampir 36 juta dolar untuk mendukung upaya Indonesia dalam menekan transmisi Covid-19, meningkatkan tes dan perawatan, serta menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu tentang pandemi ini.

Baca juga : Tingkat Kematian Tinggi, Wapres Dukung Vaksin Covid-19 Untuk Anak

AS juga telah mendonasikan 1.000 unit ventilator yang kini digunakan di lebih dari 600 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Pengiriman ini merupakan bagian dari Fasilitas Covax Advance Market Commitment (Covax AMC). Yaitu, inisiatif global untuk mendukung akses adil ke vaksin-vaksin Covid-19 yang aman dan efektif. Dengan adanya pengiriman ini, maka Indonesia telah menerima lebih dari 11,2 juta dosis vaksin melalui Covax AMC.
 

Dubes AS untuk Indonesia Sung Kim. (Foto US Embassy Jakarta)
 

“Saat virus Corona terus menyebar di seluruh dunia, dan dengan munculnya varian-varian baru, memvaksin sebanyak dan secepat mungkin manusia menjadi langkah yang sangat penting,” ujar Dubes Sung Kim dalam jumpa pers virtual, Minggu (11/7/2021) yang dihadiri Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin.

Baca juga : Hadapi Lonjakan Kasus, 3 RS Dikonversi Khusus Tangani Covid-19

“Laju penyebaran penyakit ini memperlihatkan kepada kita bahwa tidak ada satu bangsa pun yang bisa bertindak sendirian untuk melawan pandemi global. Amerika Serikat berkomitmen untuk melindungi nyawa masyarakat dengan bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan upaya vaksinasi,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.