Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berharap Angka Kematian Turun

Netizen Dukung 6 Jurus Yang Dikeluarkan Satgas Covid-19

Minggu, 2 Mei 2021 05:10 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa).
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Persentase pasien meninggal akibat Covid-19 stagnan di angka 2,7 persen sejak Februari hingga April 2021. Belum ada tanda-tanda bakal turun.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah menyiapkan strategi untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19 yang stagnan di angka 2.7 persen. Ada enam jurus yang disiapkan.

“Stagnansi angka kematian harusnya dapat diturunkan dengan tidak ada peningkatan angka kematian atau peningkatannya tidak lebih tinggi dari tren kasus positif,” te­gas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Baca juga : Hore, Pekan Ini Tunggakan Buat Nakes Bakal Dibayar

Ketua Dewan Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) ini pun membeberkan enam jurus menurunkan stagnansi angka kematian akibat Covid-19. Pertama, menggencarkan deteksi dini kasus Covid-19 dari inisiatif masyarakat atau pro­gram pemerintah.

Kedua, manajemen klinis yang bisa dilakukan penyedia layanan kesehatan rujukan Covid-19. Ketiga, meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan dengan mengkonversi pelayanan kesehatan umum menjadi pelayanan darurat Covid-19.

Keempat, meningkatkan upaya pendayagunaan tenaga kesehatan yang kompeten dan terproteksi dengan baik. Kelima, meningkatkan aksesibilitas terhadap alat kesehatan dan obat-obatan.

Baca juga : Gile, Kok Masih Mikir Cari Untung Di Tengah Pandemi...

Keenam, vaksinasi yang dilakukan pemer­intah dengan menyusun prioritas vaksinasi berdasarkan analisis risiko yang cermat dan presisi.

Adjunct Professor di bidang Infectious Disease and Global Health oleh Tufts University ini berharap, pemerintah provinsi dan Satgas daerah meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Supaya pasien tertangani dengan baik dan meminimalkan potensi kematian.

“Lalu upayakan secara masif testing and tracing agar kasus positif dapat ditangani sejak dini,” tandas Wiku.

Baca juga : Stop Mementingkan Diri Sendiri Kita Kudu Kompak Basmi Corona

Netizen mendukung upaya Satgas Penanganan Covid-19 menerapkan enam jurus untuk menurunkan angka kematian. Mereka juga berharap, angka kesembuhan pasien Covid-19 bertambah dan kasus positif se­makin menurun.

“Semoga pasien positif Covid-19 berkurang. Kematian berkurang,” harap @carullovers.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.