Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Estonia-Airlangga Ketemuan Di Singapura, Bahas Kerja Sama Digital

Rabu, 14 Juli 2021 17:20 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Presiden Estonia Kersti Kaljulaid, di Singapura. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Presiden Estonia Kersti Kaljulaid, di Singapura. (Foto: Dok. Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungan kerjanya ke Singapura, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Presiden Estonia Kersti Kaljulaid. Keduanya sepakat untuk melakukan kerja sama pengembangan digital yang dilakukan kedua negara.

Airlangga mengatakan, Indonesia sedang mengembangkan data digital dan investasi. Makanya, kemungkinan untuk kerja sama ekonomi sangat terbuka. Estonia merupakan salah satu negara yang terdepan dalam kerja sama dan keamanan siber.

Sebelum pandemi, Indonesia telah menunjukkan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama dengan Estonia terkait kerja sama siber, keamanan siber, dan e-governance. Pertemuan virtual dengan tema E-Residency Estonia, Gerbang Industri Kreatif dan Ekonomi Digital Indonesia menuju Pasar Uni Eropa telah dilakukan pertengahan April.

Ketua Umum Partai Golkar ini menegaskan, kerja sama digital antara kedua negara sangat penting melihat potensi dan perkembangan teknologi saat ini. Indonesia diketahui sebagai hub ekonomi digital untuk kawasan Asia Tenggara. Nilai pasar Indonesia saat ini mencapai 271 juta dolar AS. Angka tersebut setengah dari nilai ekonomi Asia Tenggara yang terdiri atas e-commerce, transportasi dan makanan, travel, media, serta layanan keuangan.

“Saat ini, Indonesia juga memiliki enam start-up unicorn dengan valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Ini semakin menunjukkan perkembangan ekonomi digital di Indonesia sangatlah luar biasa, dan potensi serta talenta yang terus bertambah,” kata Airlangga, dalam keterangan resminya, Rabu (14/7).

Airlangga juga memamerkan perkembangan kemudahan berinvestasi di Indonesia setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. "Undang-Undang Cipta Kerja memudahkan investasi di Indonesia melalui kemudahan berusaha atau ease of doing business menjadi lebih transparan, lebih cepat dan lebih mudah," jelasnya.

Estonia merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di Kawasan Baltik. Nilai perdagangan antara Indonesia dan Estonia selalu meningkat sejak 2016, dengan surplus selalu berada di pihak Indonesia.

Pada 2020, nilai perdagangan antara kedua negara mencapai 202,6 juta dolar AS atau naik 5,56 persen dibandingkan 2019. Indonesia mencatat surplus perdagangan sebesar 161,7 juta dolar AS di 2020, naik dibandingkan tahun sebelumnya 143 juta dolar AS.

Sepanjang Januari hingga April 2021, ekspor Indonesia ke Estonia meningkat 52 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Sementara, impor dari Estonia turun 50 persen. Nilai perdagangan antara kedua negara pada periode ini tercatat sebesar 93 juta dolar AS. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.