Dark/Light Mode

Diguyur Hujan Terdahsyat Dalam 1.000 Tahun, Kota Zhengzhou Lumpuh

Rabu, 21 Juli 2021 19:51 WIB
Kondisi di kawasan pusat perbelanjaan di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan. (Foto Chinatopix Via AP)
Kondisi di kawasan pusat perbelanjaan di Kota Zhengzhou, Provinsi Henan. (Foto Chinatopix Via AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian besar Provinsi Henan di China, terendam banjir pada Rabu (20/7/2021). Banjir ini menewaskan 12 orang, dan 100.000 orang dievakuasi di Zhengzhou, kota dengan populasi 12 juta, di tepi Sungai Kuning (Yang Tze).

Baca juga : Anies Nggak Mau Geer

Dilansir Xinhua, mengutip pemerintah setempat, kehidupan jutaan orang di Henan telah berubah sejak akhir pekan di musim hujan ini. Air dari Sungai Kuning meluap. Banyak layanan kereta api di Henan, pusat logistik utama di China tengah, berhenti beroperasi.

Banjir di Provinsi Henan, China. (Foto Reuters)

Baca juga : Diguyur Hujan Deras Dan Es, Kota Makkah Banjir Setinggi Mobil Sedan

Banyak jalan raya juga ditutup dan penerbangan ditunda atau dibatalkan, dikutip dari Reuters, 21 Juli 2021. Jalan di belasan kota berpenduduk padat terendam banjir. Mobil-mobil terendam sebadannya. Sistem transportasi Zhengzhou tetap lumpuh. Sekolah dan rumah sakit sulit diakses.

Baca juga : Peringati Hubungan Bilateral Ke 70 Tahun, Rusia Beri Patung Ke Anies

Beberapa anak telah terjebak di taman kanak-kanak mereka sejak Selasa. Dilansir surat kabar People Daily, Rumah Sakit Afiliasi Pertama Zhengzhou, pusat perawatan besar dengan lebih dari 7.000 tempat tidur, telah kehilangan semua tenaga, dan bahkan pasokan cadangan turun. Padahal, sekitar 600 pasien yang sakit kritis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.