Dark/Light Mode

Korut Tes Rudal, Korsel Cemaskan Perdamaian Semenanjung Korea

Senin, 6 Mei 2019 11:22 WIB
Warga Korea Selatan menyaksikan laporan mengenai peluncuran misil Korea Utara. (Foto : AP).
Warga Korea Selatan menyaksikan laporan mengenai peluncuran misil Korea Utara. (Foto : AP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Korea Selatan (Korsel) cemas rencana perdamaian di Semenanjung Korea yang sudah diupayakan sejak tahun lalu, kacau balau, setelah Korea Utara (Korut) melakukan tes rudal jarak pendek di pantai timur dini hari kemarin. 

Seorang juru bicara presiden Korsel mengatakan, aksi peluncuran itu bertentangan dengan kesepakatan militer yang ditandatangani pada September dengan Korut. Korsel menyatakan pihaknya mengharapkan Korut untuk memulai kembali dialog sesegera mungkin.

Baca juga : Kenaikan Harga Tiket Pesawat Semena-mena

Kepala Staf Gabungan Korsel sebelumnya mengatakan, Korut menembakkan rentetan rudal dari Kota Wonson di bagian timur ke laut di lepas pantai timur Korea selepas pukul 09.00 waktu setempat. Merupakan provokasi terbaru Korut menyusul gagalnya perundingan nuklir dengan Amerika Serikat (AS).

Presiden AS Donald Trump pada Sabtu mengatakan, dia masih meyakini perjanjian dengan pemimpin Korut Kim Jong-un akan terjadi.

Baca juga : Pemerintah Realisasikan Penambahan 10 Ribu Jemaah Haji Tahun Ini Juga

“Kim menyadari sepenuhnya potensi ekonomi Korut dan tidak akan mengusik atau mengakhirinya,” cuit Trump, seperti dilaporkan Associated Press, kemarin.

“Dia juga tahu bahwa saya bersamanya dan dia tidak mau mengingkari janjinya kepada saya. Perjanjian akan tercapai,” Trump, menambahkan. [AP/DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.