Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mewah Meriah, Pesta Pernikahan Putra Presiden Nigeria Dengan Putri Emir Bichi

Minggu, 22 Agustus 2021 10:03 WIB
Yusuf Buhari (kiri), putra tunggal Presiden Nigeria Muhammadu Buhari bersanding dengan Putri Emir Bichi (Foto: BBC/@Wraith_Studios)
Yusuf Buhari (kiri), putra tunggal Presiden Nigeria Muhammadu Buhari bersanding dengan Putri Emir Bichi (Foto: BBC/@Wraith_Studios)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jet pribadi memenuhi landasan pacu bandara di Kota Kano, Nigeria Utara. Para elit Nigeria dan pejabat Afrika Barat terbang untuk menghadiri pesta pernikahan putra Presiden Muhammadu Buhari, Yusuf Buhari dengan putri seorang pemimpin agama dan tradisional terkemuka, Zahra Nasir Bayero di Istana Emir Bichi, sebuah kota di negara bagian Kano.

Yusuf dan Zahra Nasir bertemu untuk pertama kalinya di University of Surrey, Inggris. 

 

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari (kiri), saat hendak menerima sungkem dari anaknya, Yusuf Buhari (Foto: BBC/Femi Adesina)

Pernikahan ini adalah salah satu event selebritis terbesar di Nigeria.

Berita Terkait : Presiden Tidak Senang

Kepada BBC, seorang sejarawan mengatakan, pernikahan antara presiden dan keluarga kerajaan belum pernah terjadi sebelumnya di Nigeria.

Pesta pada Sabtu (21/8) semakin meriah, ketika ayah pengantin wanita Nasir Ado Bayero secara resmi dinobatkan sebagai Emir Bichi.

Saudaranya, Emir Kano, merupakan salah satu pemimpin Islam terkemuka di Nigeria.

Dalam pernikahan ini, keluarga mempelai pria memberikan mahar 500 ribu naira, setara 1.200 dolar AS atau Rp 17,28 juta. Sekitar 10 kali lipat dari standar mahar pada umumnya di Nigeria.

Berita Terkait : Di Era Digital, Menpora Tekankan Mahasiswa Bekali Diri Dengan Kewirausahaan

Tersiar berita, 100 jet pribadi terbang khusus menghadiri acara tersebut. Namun, BBC menerima laporan dari petugas bandara, jumlahnya tak sampai 50.

Skala pesta ini diperkecil, mengingat situasi Covid di Nigeria yang masih belum aman. Mayoritas tamu datang ke pesta dengan memakai masker.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari (baju putih berpeci) saat tiba di Bichi, Nigeria Utara (Foto: BBC/Femi Adesina)

Pengamanan acara juga berlangsung ketat. Polisi dan militer mengawal ketat di sejumlah lokasi strategis.

Acara pernikahan itu dipimpin Menteri Komunikasi Isa Ali Pantami, seorang imam yang mumpuni.

Berita Terkait : Berstatus ASN Kemenpora, Prestasi Greysia/Apriyani Dan Eko Yuli Patut Dicontoh

Politisi papan atas, pemimpin tradisional, dan sejumlah tokoh oposisi turut hadir dalam acara tersebut. Termasuk, Goodluck Jonathan, yang ditumbangkan Muhammadu Buhari dalam Pemilu 2015. [HES]