Dark/Light Mode

Dubes Uzbekistan Ulugbek Rozukulov

Rayakan Kemerdekaan, Sampaikan Penghormatan Kepada Soekarno

Jumat, 3 September 2021 08:00 WIB
Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia Ulugbek Rozukulov. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia Ulugbek Rozukulov. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia menyebut, secara historis Uzbekistan memainkan peran sentral dalam mengembangkan peradaban Islam. Terdapat ribuan monumen dan peninggalan sejarah Islam di negeri kelahiran Imam Bukhari ini.

Pada kesempatan ini, dia juga menyampaikan rasa hormat kepada Presiden pertama In-donesia, Sukarno.

Baca juga : Dubes Ikrar Nusa Bhakti, Berikan Penghargaan Untuk Dua Staf KBRI Tunis

“Tahun ini juga, Indonesia telah merayakan ulang tahun ke-120 Presiden Sukarno. Memanfaatkan kesempatan baik ini, izinkan menyampaikan rasa hormat saya yang mendalam kepada sosok luar biasa ini,” kata Dubes Rozukulov.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir secara virtual, menyampaikan harapan positif kepada Uzbekistan. Dia yakin, di bawah kepemimpinan Presiden Shavkat Mirziyoyev, Uzbekistan mampu menghadapi tantangan global. Dengan keberanian dan ketabahan.

Baca juga : Wakil Ketua MPR: Kemerdekaan Bukan Sekadar Seremoni

Dan sebagai mitra Indonesia, Uzbekistan telah berkembang progresif di berbagai bidang. Seperti, ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

“Dalam sektor pariwisata, mereka telah bekerja untuk menghapus hambatan visa bagi turis Indonesia dan Uzbekistan,” tutur Sandiaga.Perayaan virtual Hari Kemerdekaan Uzbekistan ke 30, berlangsung selama 40 menit. Acara tersebut ditutup dengan pertunjukan musik dan tarian tradisional Uzbekistan.

Baca juga : Dubes India Manoj Kumar Bharti, Rayakan HUT Kemerdekaan Secara Virtual

Dalam perayaan kemerdekaan itu ditampilkan sejumlah kebuda-yaan dari negara di asia Tengah itu. Mulai dari makanan, pakaian, hingga kesenian tradisional.

Dalam Bahasa Uzbek, Hari kemerdekaan juga dikenal sebagai Mustaqilligi Kuni. Sebelum pandemi, perayaan berlangsung meriah. Seperti pesta kembang api, parade militer, upacara peletakan karangan bunga, dan kegiatan hiburan musik dan tarian tradisional. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.