Dark/Light Mode

Dubes Uni Eropa Vincent Piket, Gandeng Komunitas Lokal Kampanyekan #EuBeachClean

Selasa, 21 September 2021 08:10 WIB
Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap tahun, jutaan ton sampah hasil aktivitas manusia berakhir di lautan. Itu tentu sangat berdampak dan mengancam satwa liar, termasuk burung laut, paus, ikan, hewan-hewan invertebrata lainnya serta karang.

Berangkat dari hal tersebut, perwakilan Uni Eropa di Indonesia bermitra dengan lebih dari 40 komunitas lokal, dari Aceh hingga Papua, dan Sulawesi hingga Sumba. Mereka bekerja sama mengumpulkan berton-ton sampah dari semua bagian pantai untuk melindungi biota laut.

Berita Terkait : Perhutani Gandeng Balitbang Kermbangkan Tanaman Herbal

Mitra tersebut antara lain Pemerintah Provinsi DKI jakarta, Beach Cleanup Jakarta, Indonesia Plastic Bag Diet Movement (GIDKP), European Business Chamber of Commerce in Indonesia (EuroCham). Ada juga mitra Universitas Hasanuddin, Misool Foundation, Dream School of Aru Islands, RARE, Greeneration Foundation Indonesia dan rumah Millennials.

“Kami menyadari situasi yang mengkhawatirkan ini dan merasa harus bertindak bersama untuk mengatasi masalah tersebut,” ungkap Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket.

Berita Terkait : BUMN Holding Jasa Survei Gelar Vaksinasi, Bangun Komunitas Pancoran Sehat

Langkah konkret dari kerja sama antara Uni Eropa dan komunitas lokal adalah kampanye pembersihan pantai dengan tajuk #eUBeachCleanup. Sejak 17 September 2021,
 Selanjutnya