Dark/Light Mode

Vaksin Pfizer Aman Untuk Anak Usia 5-11 Tahun, Ortu Bisa Lebih Tenang Bekerja

Rabu, 22 September 2021 10:36 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer (Foto: Net)
Ilustrasi vaksin Pfizer (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pfizer (PFE.N) telah mengumumkan, vaksin Covid buatannya aman dan efektif untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun. Kepastian ini mendorong regulator AS, untuk mengesahkan vaksinasi tersebut dalam beberapa minggu ke depan.

Dalam rilisnya, Pfizer menyebut, pemberian 10 mikrogram atau 1/3 dosis anak usia 12 tahun ke atas, dapat diberikan kepada anak usia 5-11 tahun, dengan jarak antar vaksin 21 hari.

Antibodi yang dihasilkan dalam pemberian vaksin ini, relatif sama dengan antibodi yang dihasilkan kelompok usia 16-25 tahun, yang disuntik vaksin Pfizer.

Baca juga : 1.140.750 Vaksin Pfizer Bantuan AS Tiba Di Tanah Air

Mendorong Sekolah Tatap Muka

Biro Sensus AS menyebut, anak-anak berusia di bawah 17 tahun mewakili 22 persen dari populasi masyarakat di negara tersebut.

Untuk kelompok anak-anak, sejauh ini, vaksinasi Covid baru dapat diberikan pada usia 12 tahun ke atas.

Baca juga : Genap Berusia 50 Tahun, LP3ES Mercusuar Yang Mencerahkan

Pemberian vaksin terhadap kelompok usia 12 tahun ke bawah, tentunya akan mendorong lebih banyak anak-anak kembali ke bangku sekolah, dan banyak orangtua dapat kembali bekerja.

Di Mississippi, sebanyak 2 persen siswa selesai menjalani karantina pada 10 September.

Peneliti Universitas Washington memperkirakan, 94 dari 100 sekolah di distrik tersebut, kini menawarkan sistem pembelajaran online pada sebagian siswanya. Jumlah ini melonjak hingga 2 kali lipat, dibanding yang direncanakan pada Juli.

Baca juga : KPK Harus Bisa Selamatkan Lebih Banyak Uang Negara

Fakta ini menyulitkan orangtua, terutama ibu, untuk berkomitmen pada pekerjaan.

Tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan di AS pada Agustus 2021, dilaporkan mencapai 56,2 persen. Turun 1,6 poin persentase dibanding Februari 2020.

Reuters menyebut, penurunan ini lebih besar daripada laki-laki, meski proporsi perempuan yang bekerja di luar rumah faktanya memang lebih kecil. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.