Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lagi Asyik Hadiri Pameran

Apes Bener, Presiden Prancis Dilempar Telur

Rabu, 29 September 2021 06:30 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron dilempar telur (Foto: Twitter).
Presiden Prancis Emmanuel Macron dilempar telur (Foto: Twitter).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Prancis Emmanuel Macron kembali mengalami serangan di muka umum. Kali ini, dia dilempari telur oleh seorang pemuda berusia 19 tahun saat menghadiri pameran Hotel dan Restoran Internasional di Lyon, Senin (27/9).

Dari cuplikan video yang beredar di dunia maya, nampak Macron awalnya sibuk mendengarkan penjelasan dari staf pameran. Dia juga menyapa sejumlah orang yang hadir.

Tiba-tiba, ada telur yang dilempar dari arah kerumunan. Beruntung, telur tersebut hanya memantul di bahu Macron dan tidak sempat pecah. Dua pengawal Macron langsung mendekat ke arah Presiden untuk melindunginya. Kemudian, seorang pria dibawa pergi dari tempat kejadian oleh pengawal lainnya.

Baca juga : Pelatih Madura FC Rahmad Darmawan Apresiasi Penerapan Prokes Liga 1

Macron tidak tampak marah kepada pelaku yang identitas­nya belum disebut. Ia justru akan berbicara dengan pelaku pelemparan itu. “Dia pasti ingin menyampaikan sesuatu. Jika dia memiliki sesuatu untuk disam­paikan kepada saya, dia bisa menemui saya,” ujar Macron dikutip AFP, Selasa (28/9).

Belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak berwenang mengenai identitas atau moti­vasi pelaku. Dalam pernyataan­nya, dikutip Reuters, jaksa wilayah Lyon mengumumkan, si pelempar telur merupakan seorang mahasiswa berusia 19 tahun.

Identitas detil pelaku tidak diungkap ke publik. Mahasiswa itu langsung ditahan polisi. Disebutkan juga, dia belum pernah berurusan dengan polisi maupun otoritas kehakiman Prancis.

Baca juga : Presiden Beri Kado Hari Santri

Jaksa Lyon menyatakan, pe­nyelidikan dilakukan terhadap insiden ini, dengan delik ‘pe­nyerangan terhadap seseorang dalam posisi otoritas publik’. Ditegaskan jaksa setempat, bahwa pihaknya akan mencari tahu motif pelaku.

Insiden ini terjadi enam bu­lan menjelang Pilpres Prancis. Macron belum mengumumkan pencalonannya. Namun diper­kirakan, dia akan kembali maju sebagai capres.

Ini bukan kali pertama Ma­cron dilempar telur. Pada 2017 saat menjadi calon presiden, ia juga disasar dengan telur. Telur itu bahkan pecah di kepalanya.

Baca juga : Perpusnas Beri Apresiasi Ke Pustakawan Dan Pemustaka Terbaik

Pada Juni 2021, wajah Macron ditampar seorang pria dalam kerumunan di Prancis selatan. Pasukan Pengawalan Presiden dengan sigap menangani situasi tersebut. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.