Dark/Light Mode

Terpilih Jadi PM Jepang Baru

Fumio Kishida Bakal Main Keras Ke China

Kamis, 30 September 2021 06:30 WIB
Fumio Kishida menyambut kemenangan dalam pemilihan ketua Partai LDP. (Foto: REUTERS).
Fumio Kishida menyambut kemenangan dalam pemilihan ketua Partai LDP. (Foto: REUTERS).

 Sebelumnya 
Itu berbeda dengan fokus kebijakan “Abenomics” eks PM Shinzo Abe yang lebih me­nekankan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Dengan harapan, manfaat mengalir ke penerima upah.

Direktur Ahli di Monex Group, Jesper Koll mengatakan, kemenangan Kishida merupakan kemenangan kemapanan. Menu­rutnya, Kishida merupakan stabilitas, karena tidak meng­goyahkan “perahu”. Yang ter­penting, ia melakukan apa yang disarankan teknokrat elite.

Baca juga : IMI Terpilih Jadi Wakil Presiden FIA Regional II Asia Pasifik

Terkait politik, Jeffrey Hor­nung, pengamat politik di RAND Corporation, mengatakan, Kishi­da akan terus memprioritaskan aliansi dan menemukan cara untuk memperkuat Indo Pasifik yang bebas dan terbuka. Kar­ena, Negeri Matahari Terbit itu terus berupaya mengatasi China. Juga, menghidupkan kembali ekonomi yang dilanda pande­mi. “Dia akan terus mengambil posisi keras melawan China,” terang Hornung.

Kompetisi menjadi Ketua LDP terhitung sangat ketat. Kishida hanya mengungguli Kono dengan satu suara saja pada babak pertama. Voting digelar oleh para anggota LDP dan para anggota parlemen dari LDP.

Baca juga : Paris Hilton, Bakal Keras Ke Anak

Hasil voting babak kedua mem­berikan kemenangan meyakinkan kepada Kishida. Dia berhasil meraup 257 suara, mengalahkan Kono dengan 170 suara.

Dua kandidat lainnya, politikus sayap kanan Sanae Takichi dan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan, Seiko Noda, tidak lolos voting babak pertama.

Baca juga : Kepala Garuda Bidik 6 Kursi DPRD Denpasar

Kendati demikian, Kishida hanya mendapatkan dukungan dari publik yang moderat. Kemenangannya juga disebut bisa menim­bulkan masalah bagi LDP dalam pemilu yang dijadwalkan pada 28 November nanti. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.