Dark/Light Mode

Kartunis Swedia Yang Ilustrasikan Nabi Muhammad Dengan Badan Anjing, Tewas Tabrakan

Senin, 4 Oktober 2021 18:25 WIB
Lokasi kecelakaan Lars Vilks di Markaryd, Swedia (Foto: Reuters)
Lokasi kecelakaan Lars Vilks di Markaryd, Swedia (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kartunis Swedia Lars Vilks (75) yang bikin heboh dunia dengan gambar Nabi Muhammad berbadan anjing, tewas dalam kecelakaan mobil di dekat Kota Markaryd, Minggu (3/10).

Saat terjadi kecelakaan, Vilks yang hidup di bawah penjagaan polisi sejak gambar-gambar itu diterbitkan, sedang bepergian dengan kendaraan polisi, yang kemudian bertabrakan dengan truk.

Dua polisi juga tewas dalam kecelakaan tersebut.

Baca juga : Jangan Ada Yang Ambil Keuntungan Dari Kebakaran Lapas Tangerang

"Ini adalah insiden yang sangat tragis. Penting bagi kita semua, untuk menyelidiki apa yang terjadi, dan apa yang menyebabkan tabrakan itu," kata polisi Swedia dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Senin (4/10).

"Sejauh ini, tidak ada indikasi keterlibatan orang lain," imbuhnya.

Sejak penerbitan kartun, Vilks memang hidup di bawah penjagaan polisi sepanjang waktu  menyusul ancaman terhadap hidupnya.

Baca juga : Menag Pastikan Vaksinasi Jutaan Santri Terus Berjalan

Pada 2015, satu orang tewas di Kopenhagen, Denmark, dalam pertemuan yang dimaksudkan untuk menandai peringatan 25 tahun fatwa Iran terhadap penulis Inggris Salman Rushdie, yang dihadiri Vilks.

Secara luas, Vilks dilihat sebagai target yang dituju.

Vilks mengatakan, penerbitan kartun itu tidak dimaksudkan untuk memprovokasi umat Islam. Melainkan untuk menantang kebenaran politik di dunia seni. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.