Dark/Light Mode

Meski Di Tengah Pandemi

Program CSR Perusahan Korsel Pantang Kendor

Jumat, 8 Oktober 2021 14:00 WIB
Diskusi ASEAN-ROK CSR Forum, bertema
Diskusi ASEAN-ROK CSR Forum, bertema "Best Practices Korean Companies in ASEAN Member States", Kamis (7/10). Acara ini digelar oleh Misi Republik Korea untuk ASEAN, bekerjasama dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

 Sebelumnya 
Pengalaman serupa juga dialami Samsung di Vietnam. Sebagaimana diungkapkan Citizenship Manager Samsung Vietnam Complex, Nguyen Mai Linh, kegiatan CSR didasarkan pada visi korporasi terhadap masyarakat setempat.

Visi tersebut di Vietnam adalah memberdayakan generasi penerus untuk mencapai potensi mereka secara optimal dan menjadi pioner-pioner bagi perubahan sosial yang positif. Hal itu diterapkan dalam sejumlah program CSR mereka.

Baca juga : Menaker: JHT Adalah Program Jangka Panjang

"Antara lain, program sekolah pintar, program pelatihan, sekolah harapan dan program talenta masa depan," kata Linh.

Sekolah Harapan Samsung, lanjut dia, telah membantu setidaknya 1.400 murid sekolah dasar dan menengah di Vietnam. Program itu mencakup sejumlah wilayah di Vietnam, mulai dari Bac Ninh, Thai Nguyen, Bac Giang, Lang Son, dan Dong Nai. "Menciptakan sebuah dunia yang lebih baik menjadikan inovasi-inovasi bagi masyarakat itu lebih bermakna,” jelas Linh.

Baca juga : FSPTI Curhat Program Jak Lingko Ke Fraksi Banteng Kebon Sirih

Selain itu, para pejabat eksekutif perusahaan-perusahan Korsel ini juga mengaku tidak memiliki masalah berarti dalam melaksanakan kegiatan CSR mereka. Budaya K-Pop yang telah menyebar di dunia, termasuk di Asia Tenggara, dirasa ikut memudahkan cara dan strategi pendekatan mereka dengan masyarakat setempat.

Kondisi pandemi Covid-19 memang membawa konsekuensi, berupa sulitnya situasi bagi perusahaan-perusahaan ini. Tapi, tidak masalah dalam kegiatan CSR secara umum. Program-program penanggulangan dan pemberdayaan masyarakat untuk bangkit dari tekanan ekonomi dan kesehatan akibat pandemi dipilih digelar sejumlah perusahaan. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.