Dark/Light Mode

Meski Di Tengah Pandemi

Program CSR Perusahan Korsel Pantang Kendor

Jumat, 8 Oktober 2021 14:00 WIB
Diskusi ASEAN-ROK CSR Forum, bertema
Diskusi ASEAN-ROK CSR Forum, bertema "Best Practices Korean Companies in ASEAN Member States", Kamis (7/10). Acara ini digelar oleh Misi Republik Korea untuk ASEAN, bekerjasama dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

 Sebelumnya 
Kebijakan NSP

Di bawah kepemimpinan Presiden Moon Jae-in, sejak 2017, Pemerintah Korsel menoleh ke selatan melalui kebijakan New Southern Policy (NSP). Sejak itu pula, belasan ribu perusahaan Korsel membuka usaha mereka di kawasan Asia Tenggara. Selain mengembangkan kegiatan bisnisnya, melalui kegiatan-kegiatan CSR, perusahaan-perusahaan itu mewujudkan diplomasi lunak Korsel.

Baca juga : Menaker: JHT Adalah Program Jangka Panjang

Dalam forum ini, sejumlah perusahaan asal Korsel membagikan pengalaman mereka dalam melaksanakan misi berkegiatan sosial di tengah masyarakat Asia Tenggara.

Wakil Presiden Posco Indonesia, Park Yong Nam menyatakan, isu-isu sosial terus berkembang. Sehingga pengaruh korporasi dan tanggung jawabnya pun ikut meluas. Dalam tataran praktis, korporasi-korporasi wajib ambil bagian dalam mencari solusi-solusi atas persoalan sosial di tengah masyarakat.

Baca juga : FSPTI Curhat Program Jak Lingko Ke Fraksi Banteng Kebon Sirih

”Perusahaan-perusahaan, seperti halnya warga, melaksanakan tanggung jawab sosial sebagai bagian dari masyarakat, bukan semata memburu tanggung jawab ekonomi,” kata Park.

Bisnis Grup Posco Indonesia mencakup sembilan perusahaan, dengan jumlah pekerja mencapai 5.800 orang. Beberapa kegiatan CSR yang dilakukan perseroan antara lain, membangun rumah bagi masyarakat kurang mampu, memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat lokal tempat usaha-usaha Posco berlangsung, hingga festival pertukaran budaya Korsel dan Indonesia yang digelar secara tahunan.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Erick Thohir Komitmen Tumbuhkan Ekonomi Umat

Park mengatakan, lewat kegiatan CSR itu pihaknya memiliki kesempatan sekaligus mengalami harmonisasi hubungan Korsel-Indonesia. "Yang terwujud pada komunikasi dengan masyarakat di Indonesia secara langsung," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.