Dark/Light Mode

Maria Ressa: Jadi Jurnalis, Kutukan Sekaligus Berkah

Kamis, 14 Oktober 2021 14:28 WIB
Penerima Nobel Perdamaian 2021 Maria Ressa
Penerima Nobel Perdamaian 2021 Maria Ressa

 Sebelumnya 
Wanita mungil, cabe rawit itu tampak ekspresif bercerita. Ia sangat bersemangat, matanya di balik bingkai kacamata kerap membulat sesekali ia tersenyum, dengan tangannya ikut bergoyang meningkahi ceritanya.

Beberapa kali dia menyapa riang para peserta pertemuan virtual itu. Para petinggi media massa Tanah Air yang hadir, bahkan sangat dia kenal baik. Itu karena Maria pernah bertugas di Indonesia ketika berkarier di CNN.

Baca juga : Prancis Juara, Setan Merah Merana

"Mereka yang akan lolos sebagai pemenang,  akan mendapat telepon dua atau tiga jam sebelum pengumuman," terangnya.

"Ketika sedang duduk di depan komputer, telepon saya berdering. Saya bingung, tidak harus ngomong apa. Saya pun sampai sekarang masih memproses apa yang telah terjadi,” tuturnya.

Baca juga : Marzia Hamidi, Mau Hancurin Medali Gegara Taliban

Ada sekitar 300 nominator Nobel Perdamaian. Pemenang penghargaan paling bergengsi di dunia itu berhak atas hadiah uang Rp 16 miliar.  Maria berbagi kemenangan dengan Dimitry Murotov, jurnalis peraih Nobel Perdamaian asal Rusia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.