Dark/Light Mode

Duta Besar India Untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat

Pamer Perkembangan Islam Di India

Selasa, 21 Mei 2019 11:44 WIB
Dubes Pradeep Kumar Rawat mendampingi Ketua 
Umum PBNU Said Aqil Siraj melihat pameran foto jelang acara 
berbuka puasa di Kantor PBNU Jakarta, Jumat (17/5). (Foto : Reuters/ Willy Kurniawan).
Dubes Pradeep Kumar Rawat mendampingi Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj melihat pameran foto jelang acara berbuka puasa di Kantor PBNU Jakarta, Jumat (17/5). (Foto : Reuters/ Willy Kurniawan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar India di Jakarta, bersama Nahdlatul Ulama (NU) mengadakan acara buka puasa di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (17/5). Para undangan yang datang disambut pameran foto “Warisan Islam Bersama India & Indonesia” serta pertunjukan musik Sufi Qawwali.

Bukber kali ini memang sengaja diadakan berbeda karena Kedubes India ingin merayakan 70 tahun hubungan bilateral India-Indonesia. Khusus untuk pameran foto, publik bisa menikmati kumpulan jepretan mengenai dinamisme Islam di India hingga 24 Mei ini.

Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengatakan, pameran foto ini bertujuan menunjukkan kepada generasi muda tentang tradisi Islam di India. “Kami mencoba agar generasi muda yang tidak banyak mengetahui tentang hal ini. Melalui pameran foto ini, dapat mengetahui sedikit banyak tentang tradisi Is- lam di India,” ujar Dubes Rawat.

Baca juga : Kurma Perekat Persahabatan RI-Saudi

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dalam sambutannya mengatakan, tradisi Islam di India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan.

“India dan Indonesia memiliki sejarah panjang dalam hal penyebaran agama Islam, karena banyak ulama Islam India yang datang ke Indonesia,” ujar Said Aqil..

Jelang beduk buka puasa, para tamu yang terdiri dari sejumlah duta besar dari korps diplomatik yang berbasis di Jakarta, para pejabat NU dan siswa dari beberapa universitas di Jakarta, menikmati jejeran foto pilihan.

Baca juga : Rayakan Era Reiwa Bersama Tokoh Islam

Dalam acara buka bersama, para tamu undangan juga dimanjakan dengan menyaksikan konser musik Sufi Qawwali yang dipersembahkan oleh Chisthi Brothers. Kelompok itu didatangkan langsung dari India, disponsori oleh Dewan Hubungan Budaya India (ICCR).

Para tamu menikmati sajian musik sufi sambil menikmati sajian buka puasa. Selama Ramadan, umat Islam di India biasanya melantunkan nyanyian khusus rohani bernama Qawqali. Musik sufi ini memang populer di Asia Selatan, seperti di Hyderabad, Delhi dan kota lainnya di India, khususnya India Utara.

Qawwali juga biasa dipraktikkan di kawasan Punjab dan Sindh di Pakistan; serta Dhaka, Chittagong, Sylhet dan beberapa bagian di Bangladesh.

Baca juga : Senang Hadiri Undangan Bukber

Dubes Pradeep berharap, kerja sama antara India dan Indonesia dapat semakin dekat. Bukan hanya dalam konteks sesama Muslim, namun hubungan antar- warga dari dua negara tanpa memandang latar belakang. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.