Dark/Light Mode

Dubes Al Busyra Ajak Milenial Tingkatkan Adaptasi Hadapi Society 5.0

Senin, 25 Oktober 2021 20:43 WIB
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur. (Foto: KBRI Adis Ababa)
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur. (Foto: KBRI Adis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Era Super Smart Society atau Society 5.0 sebagai pengembangan Revolusi Industri 4.0 adalah konsep yang berpusat pada manusia dengan basis teknologi. Dalam Society 5.0, manusia, benda, dan sistem akan tergabung di dalam dunia maya dan membawa nilai baru dalam kehidupan masyarakat dan industri.

Dengan kondisi ini, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, mengajak generasi muda untuk mampu memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan di era Society 5.0 dengan baik. Di antaranya melalui peningkatan daya adaptasi terhadap setiap perkembangan yang terjadi dan bekerja smart bukan bekerja keras.

Baca juga : Gus Jazil Harap STQ Jadi Kekuatan Bangsa Hadapi Pandemi

Ajakan ini disampaikan Dubes Al Busyra ketika menyampaikan pidato kunci pada international webinar bertajuk “Students Strategies in Facing Global Economic Competition in The Era of Society 5.0”, Senin (25/10). Webinar yang dihadiri sekitar 350 mahasiswa dan dosen tersebut diselenggarakan IAIN Syekh Nurjati, Cirebon. Webinar dibuka Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Aan Jelani. 

Dubes Al Busyra juga menekankan pentingnya networking dan emotional intelligence dalam menghadapi Society 5.0. Sebab, dunia informasi akan semakin terkoneksi dengan kuat tanpa mengenal batas negara. “Bahkan, emotional intelligence berperan lebih penting bagi seseorang dalam mencapai sukses,” terangnya.

Baca juga : Dubes Australia Penny Williams, Eratkan Hubungan Negara Lewat Latihan Militer

Hadir sebagai pembicara Dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Ayus Ahmad Yusuf dan Founder & CEO PT Superkey Consulting yang juga Founder & Chief OK OCE Andalan Reni Fitriani. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.