Dark/Light Mode

Jokowi Lantik 17 Dubes

Eks Bos Kadin Ke Amerika Eks Jubir Ke Kazakhstan

Selasa, 26 Oktober 2021 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo melantik 17 duta besar untuk bertugas di negara sahabat, di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10). Acara itu berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. (Foto: Seskab RI).
Presiden Joko Widodo melantik 17 duta besar untuk bertugas di negara sahabat, di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10). Acara itu berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. (Foto: Seskab RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melantik 17 duta besar (Dubes) di Istana Negara, Jakarta, kemarin. Salah satunya, mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani sebagai Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS).

Pria bernama lengkap Rosan Perkasa Roeslani ini, menjadi bos Kadin periode 2015 hingga 2020.

Selain itu, ada juga Mochamad Fadjroel Rachman. Mantan Juru Bicara Presiden itu ditunjuk sebagai Dubes RI untuk Republik Kazakhstan, merangkap Republik Tajikistan, berkedudukan di Nur Sultan.

Baca juga : Jokowi Lantik 17 Dubes, Ada Fadjroel Dan Rosan

Bersama 15 duta besar lainnya, Rosan dan Fadjroel dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 127B tahun 2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia.

Berdasarkan tayangan di YouTube Sekretariat Presiden, kemarin, pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan. Barulah kemudian Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah yang diikuti pejabat yang dilantik.

“Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) akan setia kepada UU Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah pelantikan, yang dibacakan Jokowi, diikuti para pejabat yang dilantik.

Baca juga : Jokowi Pastikan, OSS Berbasis Risiko Tak Kebiri Kewenangan Daerah

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Wapres Ma’ruf Amin, Seskab Pramono Anung, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Menkopolhukam Mahfud MD.

Acara pelantikan kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat, didahului oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, diikuti oleh tamu undangan terbatas.

Berikut daftar 17 dubes yang dilantik: Pertama, Mochamad Fadjroel Rachman, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, berkedudukan di Nur Sultan. Kedua, Abdul Aziz Ahmad, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Arab Saudi, berkedudukan di Riyadh.

Baca juga : Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah

Ketiga, Dewi Gustina Tobing, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka merangkap Republik Maladewa, berkedudukan di Kolombo. Keempat,Bebeb AK Nugraha Djundjunan, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Yunani, berkedudukan di Athena.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.