Dark/Light Mode

Skor Kepatuhan Masyarakat Naik

Jangan Bosan Disiplin Prokes!

Minggu, 17 Oktober 2021 07:25 WIB
Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi. (Foto: Humas BNPB)
Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) terus meningkat. Tren ini mesti dijaga terus, supaya semua orang terhindar dari penularan Covid-19.

Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi mengatakan, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) semakin meningkat. Sekarang ini berada pada skor 7,8 dari 10.

Berita Terkait : Johnson & Johnson Indonesia Gelar Program Employer Of Choice

“Skor kepatuhan masyarakat kita terus naik dari sebelumnya dari sekitar 7,8 menjadi sekarang di angka 8,2, itu skor ya dengan batasan skor itu 1-10,” katanya.

Sonny merinci, skor kepatuhan masyarakat memakai masker sebesar 8,23, menjaga jarak 7,9, dan mencuci tangan 8. Kata dia, peningkatan kepatuhan menjaga jarak tidak sebanyak memakai masker.

Berita Terkait : Sahabat Ganjar Bantu Masyarakat Terdampak Covid Di Bocimi

“Karena menjaga jarak itu memang paling sulit,” ujarnya.

Menurut Sonny, peningkatan skor disiplin prokes karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) saat lonjakan pandemi kedua. Dia berharap, perubahan perilaku masyarakat tersebut terus konsisten dan tidak euforia dengan beberapa pelonggaran yang diberikan pemerintah akhir-akhir ini.

Berita Terkait : Lestari: Disiplin Prokes Harus Diawasi Ketat

“Sekarang aktivitasnya lebih terbuka, mobilitasnya jauh lebih tinggi, tapi kalau diikuti dengan kepatuhan prokes mudah-mudahan bisa mengendalikan,” tegasnya.

Netizen bersyukur kepatuhan masyarakat terhadap prokes terus meningkat. Diharapkan, penularan Covid-19 semakin rendah dan pandemi segera berakhir.
 Selanjutnya