Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalur KL-Jakarta-Bali Bakal Dibuka Duluan

RI-Malaysia Sepakat Buka Perbatasan Secara Bertahap

Rabu, 10 November 2021 22:17 WIB
Presiden Jokowi (kanan) bersama PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob dalam konferensi pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (10/11). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (kanan) bersama PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob dalam konferensi pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (10/11). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Malaysia akhirnya bersepakat membuka Travel Corridor Arrangement (TCA), untuk mendukung pemulihan ekonomi kedua negara.

Hal ini diputuskan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (10/11).

Baca juga : DKI Jakarta Level 1, Mall Dan Pasar Rakyat Dibuka Dengan Kapasitas Maksimal 100 Persen

"Untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi, kami sepakat membuat Travel Corridor Arrangement, yang akan kita buka secara bertahap," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/11).

Terkait hal tersebut, PM Ismail Sabri menuturkan, ia dan Presiden Jokowi sepakat menugaskan para menteri terkait, untuk mengatur detail pembukaan koridor perjalanan antara kedua negara.

Baca juga : RI Dan Malaysia Perkuat Kerja Sama Perbatasan

"Hari ini, saya dan Bapak Presiden telah mencapai persetujuan supaya Malaysia dan Indonesia dapat melaksanakan suatu koridor perjalanan antara kedua-dua negara melalui aturan Travel Corridor Arrangement (TCA) atau Vaccinated Travel Lane (VTL),” bebernya.

Untuk tahap awal, Indonesia dan Malaysia sepakat membuka koridor perjalanan dari Kuala Lumpur-Jakarta dan sebaliknya, serta Kuala Lumpur-Bali dan sebaliknya.

Baca juga : Diterima Kabiro Humas Setjen MPR, Demonstran Mahasiswa Sampaikan Pernyataan Sikap

"Mungkin, ini akan kita awali dengan Kuala Lumpur-Jakarta-Kuala Lumpur, dan juga Kuala Lumpur-Bali-Kuala Lumpur. Insya Allah, jika detailnya dipercepat, kita setuju membuat joint statement, dan kita umumkan pembukaan border antara Malaysia dengan Indonesia," katanya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.