Dark/Light Mode

Konferensi Iklim COP 26 Hasilkan Keputusan Penting Soal Pasar Karbon

Senin, 15 November 2021 10:21 WIB
Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK sekaligus Ketua Delegasi Indonesia pada COP 26, Laksmi Dhewanthi
Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK sekaligus Ketua Delegasi Indonesia pada COP 26, Laksmi Dhewanthi

 Sebelumnya 
Pada Pleno Penutupan COP26, Indonesia menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah dan rakyat UK, khususnya penerimaan dan keramahan penduduk Glasgow–Skotlandia.

Indonesia juga mengapresiasi kerja luar biasa dari Sekretaris Eksekutif dan Sekretariat UNFCCC, semua Ketua dan Wakil Ketua, semua Co-Fasilitator, negara-negara pihak dan para pengamat.

Baca juga : Menteri Basuki Tekankan Pentingnya Kualitas Konstruksi Bendungan

Meskipun hasil keluaran COP26 Glasgow tidak sesempurna yang diharapkan, namun yang terpenting adalah semua negara pihak telah sepakat bahwa semua memiliki kewajiban mewujudkan hasil-hasil perundingan COP26 menjadi implementasi dan tindakan nyata dari Persetujuan Paris.

Jika tidak, maka komitmen yang dibuat di Paris tidak akan mencapai target. Indonesia mengajak semua pihak berjanji untuk bersama-sama melakukan tindakan berdasarkan prinsip-prinsip Konvensi, serta Perjanjian Paris.

Baca juga : Kemenag Pastikan Peningkatan Mutu Madrasah Swasta

"Indonesia siap untuk melangkah maju melalui proses selanjutnya di bawah UNFCCC. Seperti yang dinyatakan Presiden Jokowi: Jika Perubahan iklim merupakan ancaman besar bagi kemakmuran dan pembangunan global. Solidaritas, kemitraan, kerjasama, kolaborasi global adalah kuncinya," pungkas Laksmi. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.