Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerek Ekonomi Ciletuh, Jamkrindo Beri Pendampingan Usaha Peternakan

Sabtu, 30 Oktober 2021 21:26 WIB
PT Jamkrindo memberikan pelatihan dan pendampingan peternakan kepada masyarakat Ciletuh. (Foto: ist)
PT Jamkrindo memberikan pelatihan dan pendampingan peternakan kepada masyarakat Ciletuh. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jamkrindo melanjutkan program pemberdayaan masyarakat di Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu, untuk memperkuat usaha rakyat agar bertahan di era pandemi Covid-19 ini. 

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Umum dan Kepatuhan Jamkrindo, Sulis Usdoko mengatakan, setelah mendampingi dan memberdayakan masyarakat melalui rintisan usaha budidaya sayur secara hidroponik, optimalisasi homestay, dan produksi keripik mangga, kini pihaknya mendorong kegiatan ekonomi masyarakat melalui budidaya kambing dan domba.

Menurutnya, sektor peternakan merupakan sektor penting untuk menggeliatkan aktivitas perekonomian daerah sebab mempunyai sifat strategis sebagai motor penggerak pembangunan.

Baca juga : Pemerintah Berikan Perlindungan Utuh Kepada Pekerja Migran

"Khususnya, di wilayah pedesaan karena sifatnya sebagai penyedia lapangan kerja bagi masyarakat setempat dan juga sumber pendapatan rumah tangga,” ujarnya, Sabtu (30/10). 

Untuk itu, pemberdayaan masyarakat dalam budidaya kambing dan domba dilaksanakan melalui beberapa kegiatan antara lain pemberian pelatihan dan juga bantuan kandang komunal dan bibit domba atau kambing untuk kelompok peternak kambing di Geopark Ciletuh dan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

"Pemberian pelatihan dan bantuan tersebut sifatnya berkelanjutan dan telah dilakukan sejak awal tahun 2021," katanya.

Baca juga : Melantai Di Bursa, Widodo Makmur Perkasa Tawarkan Saham 25 Persen

Ia menjelaskan, dalam melakukan pemberdayaan terdapat tiga hal penting yang harus dilakukan yaitu komitmen, kapasitas dan konsistensi (K3). Tanpa adanya konsistensi, atau keberlanjutan hampir pasti semua perencanaan dan strategi implementasi akan gagal.

“Maka itu kami kembali memberikan pelatihan untuk peternak domba dan kambing kepada masyarakat di Cikidang dan Geopark Ciletuh melalui Workshop Budidaya Kambing Unggulan," jelasnya. 

Ia menuturkan, tujuan pelatihan kali ini ialah memberi awareness mengenai nilai tambah kambing unggulan dan beternak secara modern. Namun dalam situasi pandemi ini, workshop dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : Biotek Farmasi Bantu Masyarakat Indonesia Hidup Berdampingan Dengan Covid-19

“Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kapabilitas dan kapasitas usaha peternakan rakyat,” katanya. 

Adapun, materi pelatihan dasar budidaya kambing dan domba disampaikan praktisi peternakan modern dan akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB). Di mana, melalui pelatihan tersebut peternak akan mendapatkan inspirasi dan pengetahuan nilai tambah kambing yaitu produksi susu dan juga penjualan daging. 

“Kami akan mendampingi tidak hanya di hulu namun juga di hilir, yaitu membantu dari sisi marketing atau mempertemukan dengan buyer potensial, agar para peternak terhubung dalam sebuah ekosistem yang produktif," pungkasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.