Dark/Light Mode

Gus Halim: Jejaring Desa ASEAN Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Kamis, 11 Mei 2023 19:56 WIB
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar

 Sebelumnya 
Untuk diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa diikuti oleh 8 kepala negara anggota ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Perdana Menteri Timor Leste. Posisi Indonesia sendiri terhadap ASEAN bukan sebatas anggota, juga menjadi salah satu negara pelopor atau penggagas berdirinya organisasi ini.

Melalui ASEAN, Indonesia bekerja sama dengan negara anggota lainnya dalam berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, sosial budaya, maupun keamanan. Hasilnya pada dua dekade terakhir, ASEAN telah mengalami penurunan kemiskinan dari 47 persen di tahun 1990 menjadi 15 persen di tahun 2015.

Namun, kemiskinan terus berlanjut di kawasan ASEAN. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan masyarakat ASEAN untuk membeli dan mengakses kebutuhan dasar, seperti makanan, kesehatan dan pendidikan.

Baca juga : Gus Halim: Jejaring Desa ASEAN Tingkatkan Taraf Hidup

Mempertimbangkan sifat kemiskinan yang multidimensi, ASEAN mempromosikan pendekatan multisektoral dalam memberantas kemiskinan serta mewujudkan visi ASEAN di tahun 2025 dan pembangunan berkelanjutan.

Fakta inilah yang mendorong lahirnya Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (SOMRDPE).

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat ASEAN dengan menggunakan forum pembelajaran kolaboratif.

Baca juga : KTT Ke-42, Gus Halim: Indonesia Inisiasi Jejaring Desa ASEAN

Pada 2021, Direktorat Jendral Pembangunan Desa dan Perdesaan (Ditjen. PDP) ditetapkan sebagai penanggung jawab penyelenggara kegiatan pimpinan nasional ASEAN SOMRDPE oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Pada tahun 2023, Kepdirjen PDP membentuk Tim SOMRDPE untuk Indonesia serta membentuk tim kerja pengelolaan The Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) Village Network (AVN). Direktur Ditjen PDP Kemendes PDTT.

Sugito dalam pemaparannya di KTT ASEAN ke-42 menyampaikan bahwa jejaring desa ASEAN adalah jaringan desa, kelompok desa dan asosiasi desa yang terbuka, mandiri, dan dari bawa ke atas di seluruh negara anggota ASEAN yang bertujuan untuk bertukar pandangan serta solusi cerdas dalam tantangan perdesaan.

Baca juga : Delegasi Pemerintah Malawi Tertarik Dengan Konsep SDGs Desa

Selama KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo berlangsung telah diadakan pekan pameran budaya, paket wisata, BUMDes Expo, produk unggulan, kuliner, serta keberhasilan pembangunan desa di tingkat ASEAN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.