Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gus Halim Apresiasi Arahan Jokowi Soal Perpanjangan Cuti Lebaran

Selasa, 2 Mei 2023 17:53 WIB
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (depan) pada apel pagi sekaligus halalbihalal, di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta (2/5/2023). (Dok. Kemendes PDTT)
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (depan) pada apel pagi sekaligus halalbihalal, di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta (2/5/2023). (Dok. Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengapresiasi kebijakan-kebijakan Presiden Joko Widodo yang banyak berpihak pada rakyat.

Salah satunya soal arahan pada masyarakat untuk menunda perjalanan balik bila tidak ada keperluan yang mendesak.

Arahan yang berlaku untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri dan pegawai swasta itu untuk menghindari puncak arus balik pasca cuti lebaran.

"Kita harus senantiasa bersyukur terima kasih pada Presiden Jokowi karena banyak kebijakan beliau yang pro terhadap kita terutama ASN. Tiba-tiba beliau memberikan tambahan cuti untuk ASN meskipun tidak semua bisa mengikuti," tegas Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, yang akrab disapa Gus Halim ini, pada apel pagi sekaligus halalbihalal, di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta (2/5/2023).

Baca juga : Gus Halim: Kunci Sukses ASN Harus Berakhlak, Adaptif Pada Perubahan Dan Loyal

Seperti diketahui, Pemerintah menetapkan cuti bersama hari raya Idul Fitri pada 19-25 April 2023 sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Namun ketetapan ini diikuti dengan imbauan Jokowi kepada seluruh pemudik untuk menunda mudik balik guna menghindari macet yang terjadi pada 24-25 April 2023.

Para ASN, TNI, Polri, dan pegawai BUMN maupun swasta diminta untuk menambah cuti atau bekerja dari rumah.

Gus Halim menilai, kebijakan tersebut berpihak kepada rakyat dengan memberikan ruang gerak yang luas.

Baca juga : Gus Halim: Desa Berperan Strategis Dalam Konvergensi Stunting

Hal ini seharusnya dimanfaatkan dengan baik serta diikuti dengan kerja keras dan cerdas sesuai tugas masing-masing.

"Ini bagian dari kebijakan beliau yang betul-betul pro terhadap kita semua, beliau memberikan ruang gerak seluas-luasnya untuk kita. Ini tentu sebagai bagian dari ASN kita harus terima kasih pada beliau," ujar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini.

Lebih lanjut, Gus Halim meminta, seluruh pegawai di Kemendes PDTT untuk terus semangat dan totalitas dalam menjalankan tugas sehingga target di tahun ini tercapai.

Hal ini tentu saja dapat terjadi jika seluruh pihak saling bahu membahu sesuai tupoksi masing-masing.

Baca juga : Kemendes Gandeng KPK Tangani Aduan Dan Cegah Korupsi Di Desa

"Saya berharap apa yang sudah kita lakukan selama ini bisa terus ada perbaikan. Banyak hal yang kami targetkan untuk kami raih pada 2023 ini ternyata kami sudah melihat ada yang tidak bisa terjadi 2024. Tapi saya ajak semuanya ikhtiar terus kerja sebagai darma bakti kita," pungkas Mantan Ketua DPRD Jawa Timur tersebut.

Pada kesempatan itu, Gus Halim bersama Wakil Mendes PDTT Budi Arie Setiadi menyerahkan penghargaan kepada ASN Kemendes yang memasuki masa purnabakti pada bulan Mei 2023 ini.

Setelah Apel Pagi, Gus Halim, Wamendes Budi Arie dan Sekjen Taufik Madjid bersama Pejabat Eselon I halalbihalal dengan seluruh pegawai di lingkungan Kemendes PDTT. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.