Dark/Light Mode

Semua Desa Di Bantul Mandiri, Kemendes PDTT Berikan Apresiasi

Senin, 10 Juli 2023 18:40 WIB
Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan PDP Sugito menggelar teleconference bersama Bupati Bantul beserta Lurah se-Kabupaten Bantul, (Senin 10/7/2023). (Dok. Kemendes PDTT)
Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan PDP Sugito menggelar teleconference bersama Bupati Bantul beserta Lurah se-Kabupaten Bantul, (Senin 10/7/2023). (Dok. Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Tercatat sejak 2015 hingga 2022, IDM menunjukkan semakin banyaknya jumlah desa berkembang, maju, dan mandiri berbanding terbalik dengan desa tertinggal dan sangat tertinggal yang semakin menyusut.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan angka terkait status desa berdasarkan IDM, salah satunya adalah keberadaan dan pemanfaatan dana desa.

Baca juga : Happy Asmara, Dituding Manfaatin Pernikahan Mantan

Oleh karena itu, Sugito mengingatkan agar seluruh pihak terus maksimal menuntaskan kekurangan-kekurangan yang ada di desa tanpa mengkhawatirkan berkurangnya dana desa yang diberikan ketika status desa menjadi mandiri seperti yang terjadi di Kabupaten Bantul.

“Pada posisi desa mandiri, kita memberdayakan dalam rangka untuk pertumbuhan ekonomi dan menguatkan SDM di desa ini adalah untuk menuju yang berkelanjutan sekaligus menuju daya saing,” terang Sugito.

Baca juga : Indra Sjafri Mulai Persiapkan Timnas Asian Games

“Di sini pentingnya dilakukan inovasi dan kreatifitas untuk mengoptimalkan berbagai sumber daya yang dimiliki desa. Maka dana desa harus diletakkan sebagai stimulan dalam rangka untuk mengoptimalkan berbagai potensi maupun mencari solusi masalah di desa,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.