Dark/Light Mode

Semua Desa Di Bantul Mandiri, Kemendes PDTT Berikan Apresiasi

Senin, 10 Juli 2023 18:40 WIB
Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan PDP Sugito menggelar teleconference bersama Bupati Bantul beserta Lurah se-Kabupaten Bantul, (Senin 10/7/2023). (Dok. Kemendes PDTT)
Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan PDP Sugito menggelar teleconference bersama Bupati Bantul beserta Lurah se-Kabupaten Bantul, (Senin 10/7/2023). (Dok. Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Bantul Abdul Halim Muslih serta seluruh masyarakat di kabupaten setempat.

Sebab seluruh desa di Kabupaten Bantul telah berstatus mandiri dan tidak ada lagi desa maju, berkembang, tertinggal, apalagi sangat tertinggal.

“Saya sampaikan selamat kepada Kabupaten Bantul yang tadi dilaporkan oleh Bu Kadis dan bocoran yang dilaporkan ke kami bahwa Bantul dari 75 desa telah mencapai tahap yang menggembirakan karena mencapai desa mandiri,” papar Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan (PDP) Sugito dalam acara Teleconference bersama Bupati Bantul beserta Lurah se-Kabupaten Bantul, Senin (10/7/2023).

Baca juga : Happy Asmara, Dituding Manfaatin Pernikahan Mantan

Sugito menjelaskan, status mandiri yang berhasil diperoleh seluruh desa Kabupaten Bantul adalah kabar baik yang harus diketahui seluruh Indonesia.

Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi desa di daerah-daerah lain untuk terus meningkatkan pembangunan desa.

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Bantul bersama warganya diminta untuk tidak terlena dengan terus bekerja keras memenuhi seluruh target yang ingin dicapai.

Baca juga : Indra Sjafri Mulai Persiapkan Timnas Asian Games

Diantaranya berkaitan dengan pengentasan kemiskinan, stunting, hingga meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2020-2024 maupun RPJMD Kabupaten Bantul 2021-2026.

“Tentu ini sebuah kebahagiaan dan karya nyata bagi kita semua di dalam mewujudkan pembangunan desa. Namun ini juga tidak cukup hanya berpuas diri dari capaian tersebut. Masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus kita hadapi khususnya masalah kemiskinan, ekonomi, stunting, kesehatan, juga menjadi PR yang harus kita utamakan,” tegas Sugito.

Baca juga : Perkuat Kolaborasi Tanggulangi Terorisme, BNPT Luncurkan Aplikasi Digital I-KHub

Sekadar informasi, status desa ditentukan oleh Indeks Desa Membangun (IDM) yang mencakup beberapa sektor seperti indeks ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan untuk menilai kondisi desa terkait.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.