Dark/Light Mode

Negoisasi Gus Halim Berhasil, Bank Dunia Siap Bantu Digitalisasi Desa Cerdas

Minggu, 19 November 2023 13:30 WIB
Negoisasi Gus Halim Berhasil, Bank Dunia Siap Bantu Digitalisasi Desa Cerdas

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan World Bank (WB) atau Bank Dunia telah mencapai kesepakatan. WB sepakat bantu perangkat digitalisasi untuk Program Desa Cerdas.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyatakan, dalam kesepakatan ini Bank Dunia akan membantu seluruh kebutuhan perlengkapan digitalisasi Desa Cerdas.

Mulai dari seperangkat komputer yang dapat terkoneksi dengan jaringan internet, layar proyektor hingga printer.

Baca juga : Praktisi Hukum: Pihak Yang Sebut Majunya Gibran Cacat Legitimasi Dapat Dipidana

"Bersamaan dengan pertemuan saya dengan Bank Dunia, terus terang saya ngotot, kalau tidak ada barang yang diberikan ke desa, berupa komputer dan bantuan program, lebih baik kegiatan Desa Cerdas tidak dilanjutkan. Dan Alhamdulillah berhasil," ujar menteri yang akrab disapa Gus Halim, saat memberi pengarahan melalui video conference di sela-sela penyerahan bantuan secara simbolis personal computer dan printer untuk 235 Desa Cerdas Fase 1, di Jakarta, Minggu (19/11/23).

Menurut Profesor Kehormatan UNESA ini, ada tiga elemen pendukung yang mengimplementasikan sebuah desa sebagai Desa Cerdas.

Pertama, kapasitas kelembagaan pemerintah. Kedua, kualitas sumber daya manusia, dan infrastruktur teknologi.

Baca juga : Desa Kian Maju, Gus Halim: Berkat Akurasi Data Pendamping Desa

Ketiga, elemen ini memberikan tantangan tersendiri khususnya bagi kepala desa, pendamping desa, serta kader dan duta digital.

Selain itu, ketiga elemen tersebut merupakan fondasi pengembangan Desa Cerdas secara berkelanjutan.

Gus Halim menambahkan, Kemendes PDTT juga menyediakan, pendanaan Rp 20 juta per tahun untuk kegiatan Ruang Komunitas Digital Desa, seperti mendanai pertemuan, inisiatif gerakan digitalisasi, hingga kebutuhan langganan internet secara berkala.

Baca juga : Suporter Indonesia Di Piala Dunia U-17 Top Banget, Datang Bersih Pulang Bersih

"Program Desa Cerdas membuka kesempatan bagi desa mengembangkan Ruang Komunitas Digital Desa. Ruang ini telah memiliki kelengkapan sarana, serta dapat melaksanakan kegiatan digitalisasi desa, menjadi revolusi tersembunyi desa, untuk menjalani transformasi digital bangsa Indonesia," ungkap mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Di samping itu, lanjut Gus Halim, Desa Cerdas juga erat kaitannya dengan kesiapan aparatur pemerintah desa dalam menerapkan e-government desa. Sehingga dapat mengelola data-data pembangunan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan layanan administrasi online di desa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.