Dark/Light Mode

Suporter Indonesia Di Piala Dunia U-17 Top Banget, Datang Bersih Pulang Bersih

Sabtu, 11 November 2023 07:23 WIB
Suporter Indonesia bersih-bersih Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, usai laga pembukaan Piala Dunia U-17 Indonesia Vs Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). (Foto: Istimewa)
Suporter Indonesia bersih-bersih Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, usai laga pembukaan Piala Dunia U-17 Indonesia Vs Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suporter Indonesia menggelorakan kampanye aksi#DatangBersihPulangBersih di sepanjang gelaran turnamen Piala Dunia U-17 2023.

Kampanye ini digagas oleh komunitas peduli lingkungan di bawah naungan by.U Space, dan didukung penuh oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

Aksi ini dibuka dengan kegiatan bersih-bersih stadion, usai laga pembukaan Piala Dunia U-17 antara Indonesia kontra Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023).

Baca juga : Argentina Vs Senegal, Tango Muda Siap Beraksi

Aksi bersih-bersih ini dipimpin pegiat lingkungan Ikram Afro, diikuti suporter lain yang memadati beberapa penjuru stadion. Hasilnya, kondisi stadion sebelum dan sesuai laga bersih tanpa sampah.

Erick mengaku salut dengan gerakan anak muda, yang bertanggung jawab kepada lingkungan. Tak hanya total mendukung timnas U-17.

Menurut Erick, hal ini menjadi cermin nasionalisme sejati para suporter.

Baca juga : Butir Peluru Beterbangan, Warga Cari Perlindungan

"Ini Hari Pahlawan. Rasa nasionalisme dan semangat para suporter yang tertuang di Kota Pahlawan, tak sekadar teriakan menyemangati timnas bermain, tetapi juga konkret lewat aksi #DatangBersihPulangBersih. Salut," ujar Erick kepada wartawan, Jumat (10/11/2023).

Praktis, aksi ini membuat petugas kebersihan tak bekerja ekstra keras sesuai laga. Sebab kondisi Gelora Bung Tomo sesuai laga pembukaan Piala Dunia U-17, bersih dan asri layaknya sebelum laga berlangsung.

Pegiat lingkungan Ikram Afro pun mengajak seluruh suporter untuk menjadikan aksi #DatangBersihPulangBersih sebagai tren di setiap pertandingan.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng Beri Dukungan Pemain Jateng Langsung ke Gelora Bung Tomo

Ikram yang mewakili komunitas by.U mengatakan, semangat menjaga lingkungan mesti menjadi pola baku bagi setiap orang, terutama suporter.

“#KamuBisa Buat Indonesia Bangga!! dimulai dari hal kecil (bersihin sampah), kita buktikan, kalau Indonesia bisa menjadi Tuan Rumah yang baik!" ujar Ikram.

"Di laga-laga berikutnya, gerakan #DatangBersihPulangBersih harus bisa dilanjutkan oleh seluruh suporter," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.