Click Here

Dark/Light Mode

Dampingi Wapres Ke Jateng

Mendes PDTT Siapkan Jurus Jitu Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem

Kamis, 7 Oktober 2021 17:12 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendampingi Wakil Presiden KH Maruf Amin dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Kamis (7/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendampingi Wakil Presiden KH Maruf Amin dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Kamis (7/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mendampingi Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (7/10).

Kunjungan kerja itu dilakukan untuk memastikan prioritas pemerintah dalam menghilangkan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024, dapat dimulai dilaksanakan tahun ini.

Berita Terkait : Mendes PDTT Bahas Penanganan Stunting Di Desa

Dalam kunjungan tersebut, Wapres menyampaikan rasa optimisnya bahwa kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah dapat dituntaskan dengan kolaborasi semua pihak.

Sekalipun tantangan untuk menanggulangi kemiskinan ekstrem sangat besar, kata Ma'ruf, namun dengan kolaborasi semua pemangku kebijakan, seperti kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda), baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa, itu akan terwujud.

Berita Terkait : Gus Halim Paparkan Soal Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Apalagi, didukung kemitraan dengan pemangku kebijakan non-pemerintah seperti pelaku usaha, perguruan tinggi, LSM, media, dan masyarakat. "Kolaborasi akan dapat menanggulangi masalah kemiskinan di Jawa Tengah sesuai," ujar Ma'ruf.

Selain itu, Wapres juga menegaskan, mesti ada konvergensi untuk memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem, mulai dari tahap perencanaan, penentuan alokasi anggaran, penetapan sasaran dan pelaksanaan program, tertuju pada satu titik atau lokus yang sama.

Berita Terkait : Mendes Dorong Warga Desa Dapat Vaksin Dosis Kedua

Baik secara wilayah, maupun target masyarakat yang berhak. Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar sendiri memang telah berfokus untuk mewujudkan nol persen kemiskinan ekstrem di 2024.

Sejumlah aksi dan strategi disusun untuk mewujudkan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 Selanjutnya