Dark/Light Mode

Kemnaker Jalin Kerjasama BLK Komunitas dengan Dunia Industri

Senin, 7 Juni 2021 12:00 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

 Sebelumnya 
Danau Toba sebagai salah satu wisata super prioritas yang menjadi fokus pembangunan pemerintah, karena memiliki keunikan tersendiri. Yaitu terdapat wisata gunung dan air. "Jadi kita berharap banyak dari Danau Toba ini sangat berharap BLK Komunitas dapat berperan secara maksimal dalam menciptakan SDM yang berkompeten," sebutnya.

Ia menjelaskan sejumlah bidang pariwisata yang cocok dijadikan mitra BLK Komunitas. Seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan asosiasi tour guide. Hal itu guna mengetahui standar pelayanan yang baik terhadap konsumen atau turis.

Baca juga : Serius Dengan Bintang NBA

"Tarolah BLK Komunitas yang ada di Simalungun tidak gandengan tangan dengan hotel yang ada di Parapat, dia tidak tahu bagaimana sebaiknya melatih housekeeping sesuai standar hotel yang benar," bebernya.

Sejak 2017, jumlah BLK Komunitas yang telah berdiri adalah sebanyak 2.127 lembaga yang tersebar di lembaga keagamaan. Seperti pondok pesantren, seminari, damaseka, pasraman, dan komunitas serikat pekerja/serikat buruh yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Menaker: BLK Komunitas Sasar Peluang Kerja dan Usaha

Sementara itu, Wakil Ketua Umum BPP PHRI bidang SDM dan Sertifikasi SDM, Sertifikasi Usaha, Retno Kusumayanti mendukung kolaborasi antara BLK Komunitas dengan pihaknya dalam program pemagangan.

Retno berharap, melalui pemagangan ini, dunia periwisata, khususnya hotel dan restoran yang terdampak Covid-19 dapat kembali pulih. "Mudah-mudahan dengan sinergi, program pemagangan ini membantu kebangkitan industri pariwisata agar bisa kembali kepada situasi sediakala," tutupnya.

Baca juga : Menaker Harap Yang Lulus Masuk Sektor Industri

Akhir pekan lalu, Kemnaker menggelar acara Sosialisasi Program BLK Komunitas Bidang Pariwisata Danau Toba di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Medan (BBPLK Medan), Sumatera Utara.

Turut hadir pada sosialisasi program BLK Komunitas bidang Pariwisata Danau Toba, yakni pakar Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), Reyna Usman dan Anggota DPRD Sumatera Utara, Leso Mena. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.