Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terima Masukan Bupati Teluk Wondama

Menaker Komitmen Garap BLK Komunitas Di Papua

Kamis, 24 Juni 2021 09:53 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Foto: Ist)
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mengembangkan kompetensi calon tenaga kerja, dan memperluas kesempatan kerja melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

"BLK Komunitas menjadi sangat strategis dalam mengembangkan kualitas calon tenaga kerja," kata Ida saat menerima audiensi Bupati Teluk Wondama, Hendrik S. Mambor secara virtual, Rabu (23/6).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu bertekad menjadikan BLK Komunitas sebagai media pendekatan sarana dan prasarana pelatihan kepada masyarakat. Juga untuk menjangkau segala sudut yang belum terjangkau oleh lembaga pelatihan, baik lembaga pelatihan pemerintah maupun lembaga pelatihan swasta.

Baca juga : Ditjen Hortikultura Teken Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik

"BLK Komunitas ini memberikan bekal keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja, dan berwirausaha bagi masyarakat sekitarnya," ujar Ida.

Dia menyebut pemerintah akan membangun 25 BLK Komunitas di Papua dan Papua Barat pada tahun 2021. Hal itu dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Ini komitmen kami untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Papua dan Papua Barat," tegas mantan anggota DPR itu.

Baca juga : Mensos Tegaskan Penyintas Tidak Boleh Kelaparan

Di kesempatan sama, Bupati Teluk Wondama Hendrik S. Mambor menyatakan ketertarikannya dengan konsep BLK Komunitas. Pihaknya pun menyambut baik rencana pembangunan BLK Komunitas di daerahnya.

"Kami akan komunikasi intens dengan Bapak dan Ibu pejabat di Kementerian Ketenagakerjaan agar rencana pembangunan BLK Komunitas ini segera terlaksana," papar Hendrik.

Diketahui, program BLK Komunitas merupakan terobosan Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia, untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter yang ada dengan tambahan keterampilan atau hard skill di lembaga keagamaan atau komunitas. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.