Dark/Light Mode

Nih, 2 Jurus Kemnaker Turunkan Kemiskinan Ekstrem

Sabtu, 16 Oktober 2021 16:50 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (kiri)
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (kiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem di tujuh provinsi. Dalam upaya ini, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengambil dua langkah utama intervensi.

Terkait hal ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berjanji akan melaksanakan program perluasan kesempatan kerja. Bukan hanya di Jawa, tetapi dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Baca juga : Kemnaker Ajak ASEAN-OSHNET Tekan Kecelakaan Kerja

Perluasan kesempatan kerja adalah upaya menciptakan lapangan pekerjaan baru maupun mengembangkan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Program ini dinilai tepat untuk membantu menanggulangi kemiskinan ekstrem, termasuk di Papua dan Papua Barat. Program perluasan kesempatan kerja, kata Ida, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Papua dan Papua Barat untuk sama-sama memitigasi dampak pandemi ini dengan berbagai progran kegiatan. Antara lain program pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri dan padat karya.

Baca juga : Kemnaker Matangkan Persiapan Pelaksanaan Presidensi G20

Intervensi kedua, yakni program peningkatan kompetensi melalui pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK). Melalui peningkatan kompetensi, Menaker berharap, masyarakat dapat masuk ke pasar kerja atau berwirausaha secara mandiri.

"Harapannya, dengan dua intervensi yang kami lakukan ini, berkontribusi secara pasti menurunkan kemiskinan di Papua dan Papua Barat," ujarnya, saat menyampaikan sambutan pada acara Expo Program Perluasan Kesempatan di Sentani, Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Baca juga : Bertolak Ke Ambon, Wapres Pimpin Rakor Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem

Dalam kesempatan ini, Menaker juga menyerahkan Bantuan Program Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker tahun 2020 dan 2021 untuk wilayah Papua. Meliputi bantuan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula sebanyak 61 Paket untuk 2020, dan 36 paket untuk 2021, serta bantuan TKM Pemula Mikro sebanyak 11 Paket. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.