Dark/Light Mode

Menaker: Raih Bonus Demografi, Indonesia Jadi Negara Maju

Selasa, 26 Oktober 2021 17:17 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah

 Sebelumnya 
Doktor Ilmu Pemerintahan alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini mengingatkan, tidak semua negara mendapatkan bonus demografi. Di antara negara-negara yang mendapatkannya, yaitu Jepang, China, dan Korea Selatan.

“Bonus demografi mengantarkan Jepang, China, Korsel menjadi negara maju. Meski tidak sedikit juga yang gagal memanfaatkannya, seperti Afrika dan Brazil," terangnya.

Baca juga : RI Bergerak Pulih, Poros Muda Indonesia Puji Jokowi

Jika Indonesia berhasil meraih bonus demografi, ujarnya lagi, cita-cita Indonesia menjadi negara maju pada 2045 atau 100 tahun setelah kemerdekaan Indonesia dapat terwujud.

"Nantinya Indonesia menjadi negara maju terbesar ketiga di dunia, yang pertumbuhan ekonominya tinggi, yang tidak ada orang miskin di Indonesia," ucap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Baca juga : Tari Saman Meriahkan Resepsi Diplomatik Indonesia Di Beirut

Ia percaya, dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai negara maju, Pesantren Bina Insan Mulia akan turut berkontribusi untuk tidak hanya mencetak santri-santri yang memiliki kedalaman ilmu agama. Tetapi juga memunculkan santri-santri yang menguasi teknologi digital.

"Kita tidak hanya butuh teknokrat-teknokrat. Kita juga butuh konten-konten YouTube yang juga kontennya kesantrian. Kita juga butuh inovator-inovator baru yang juga santri. Kita ingin mengisi Indonesia 2045 menjadi negara maju, yang di situ ada kontribusi santri di dalamnya," pungkas mantan Anggota DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII (1999-2018) ini. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.