Dark/Light Mode

RI Bergerak Pulih, Poros Muda Indonesia Puji Jokowi

Selasa, 26 Oktober 2021 11:19 WIB
Ketua Poros Muda Indonesia, Frans Freddy. (Foto: ist)
Ketua Poros Muda Indonesia, Frans Freddy. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini Indonesia tengah dalam kondisi bergerak pulih dari pandemi. Adapun kunci dari pemulihan saat ini meliputi mitigasi berbasis data, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga terus berupaya menyelamatkan masyarakat Indonesia dari pandemi dengan mengamankan pasokan vaksinasi. Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Indonesia telah mengamankan total 280.527.920 vaksin dari lima jenis vaksin.

Ketua Poros Muda Indonesia, Frans Freddy mengatakan, sebagai nahkoda, Presiden Jokowi memberi arahan jelas dan tegas untuk bekal menempuh krisis. Yaitu melalui metode gas dan rem serta keberanian mengambil risiko.

Menurutnya, langkah ini juga tak lepas peran semua pihak, yakni melalui koordinasi pemerintah pusat dengan daerah, tenaga kesehatan di garda terdepan, kesigapan TNI-Polri, akademisi, jaringan luas organisasi kemasyarakatan serta inovasi sosial lembaga kemasyarakatan yang makin baik.

Baca juga : Indonesia Harus Adaptasi Dan Kompromi

Dalam keterangan Capaian Kinerja 2021-Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh bisa dicapai jika kita semua dengan bahu membahu dan saling bergandengan tangan dalam satu tujuan. 

“Kita harus tangguh dalam menghadapi pandemi dan berbagai tujuan yang akan kita hadapi dan kita terus tumbuh dalam menghadapi cita-cita bangsa," ujar Jokowi, Senin (25/10).

Untuk diketahui, efek domino pandemi merupakan krisis multidimensi. Guna mencegah resesi akibat pandemi, pemerintah menginisiasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Aspek perlindungan sosial dalam program PEN meliputi program keluarga harapan, kartu sembako, bansos tunai, kartu prakerja, diskon listrik, subsidi kuota dan bantuan langsung tunai desa. 

Alokasi anggaran per September 2021 untuk Perlindungan Sosial mencapai Rp 186,64 triliun, sementara untuk bidang Kesehatan Rp 214,96 triliun. Sedangkan dukungan UMKM dan Korporasi 162,40 triliun, Program Prioritas 117,94 triliun dan Insentif usaha Rp 62,83 triliun.

Baca juga : Dubes Roem Kono Ajak Diaspora Indonesia Genjot Kerja Sama Ekonomi

Selain mengakselerasi pemulihan pandemi, pemerintah juga mengakselerasi ekosistem riset nasional melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sebab, sains dan riset dinilai menjadi nadi utama di peta cita-cita Indonesia negara maju.

Tak hanya itu, pemerintah juga berupaya meneruskan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur digital. Pembangunan ini tak hanya meliputan pembangunan konstruksi teknis atau meningkatkan adaptasi teknologi saja. Tapi juga termasuk upaya menghadirkan peradaban baru Indonesia maju 2045.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyebutkan, intensi pokok membangun jalan sambung menyambung adalah membuka daerah terisolir serta menormalkan harga logistik. Menurutnya, ada 33 ruas jalan tol lalu lintas darat, 106 pelabuhan, dan 30 trayek tol laut serta 39 rute melayani jembatan udara.

Dia mengatakan, pada 2021 merupakan tahun penuh tantangan dan pelajaran sekaligus harapan. Menurut dia, 2021 menjadi tahun yang menandai perjuangan bersama, membangun momentum kebangkitan Indonesia dari krisis Covid-19.

Baca juga : Pandemi Berangsur Pulih, Kepuasan Publik Terhadap Jokowi 61,7 Persen

Oleh karena itu, seluruh capaian dalam penanganan pandemi serta pemulihan ekonomi nasional merupakan hasil kerja seluruh elemen bangsa. Kebijakan-kebijakan yang adaptif, responsif, penuh kehati-hatian dalam menyeimbangkan pemulihan kesehatan serta kebangkitan ekonomi perlu ditanamkan kuat-kuat sebagai langkah mitigasi.

Johnny menilai, sebagai Pemimpin Nasional Presiden Jokowi  tak pernah lelah atau berjeda menyerukan solidaritas dan soliditas Indonesia dalam kebhinekaan. Ia pun menambahkan bahwa masyarakat Indonesia harus berani menciptakan lompatan besar (quantum leap), persisten dalam kecepatan berkarya, berinovasi, mengoptimasi transformasi dengan segala potensi dalam mewujudkan Indonesia. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.